Text
Karisma guru dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Sultan Muhammad Bulangan Haji Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
MUSYRIFAH, 2006 Karisma guru dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Sultan Muhammad Bulangan Haji Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing Ainur Rahman Hidayat. M.Hum.
Kata kunci,Karisma guru dalam membentuk kepribadian siswa.
Guru adalah public figur bagi siswa segala yang di inginkan guru, di gugu dan di tiru guru tidak semata-mata sebagai pengajar tetapi juga sebagai pendidik dan sekaligus sebagai pembimbing yang membentuk pengarahan dan menuntut siswa dalam belajar.
Peran guru disekolah ditentukan oleh kedudukannya sebagai orang dewasa,sebagai pengajar dan pendidik yang paling utama ialah kedudukannya sebagai pengajar dan pendidik. Guru sebagai pendidik dan Pembina generasi muda harus menjadi teladan didalam maupun diluar sekolah.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. 1) karisma guru, yaitu salah satu pengantar keberhasilan siswa dalam belajar karena apabila seorang guru tidak mempunyai karisma maka siswa tidak akan belajar dengan baik dan siswa tidak akan patuh pada guru dan tidak dikerjakan apa yang diperintahkan. 2) Kepribadian siswa, Kepribadian adalah merupakan dari bentuk tingkah laku, sifat, kebiasaan, kecakapan bentuk yang selalu menampakkan diri dalam kehidupan sehari-hari.
Adpun tujuan idari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karisma guru dalam membentuk kepribadian siswa, (2) Untuk mengetahui apa saja yang termasuk karisma seorang guru (3) untuk mengetahui apa faktor yang menyebabkan kepribadian siswa. (4) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian siswa (5) Utuk mengetahui bentuk-bentuk kepribadian siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif penelitian digunakan karena penelitian ini memperoleh data-data deskriptif yang dilakukan dengan metode wawancara obserfasi penelitian ini digunakan di MTs Sulthan Muhammad Desa Bulangan Haji kecamatan pegantenan kabupaten pamekasan dengan beberapa fase antara lain obserfasi wawancara dan analisi data.
Penelitian ini memperoleh temuan sebagai nerikut: (1) Karisma guru sangat menentukan sekali terhadap keprrbadian siswa (2) yang termasuk karisma guru di MTs Sulthan Muhammad adalah professional seorang guru,karena profesional guru menjadi syarat mutlak untuk guru mempunyai karisma,dan guru profesional mempunyai keahlian dan kemampuan khusus dalam bidang keguruan. Sehingga ia mampu melakukan keahlian dan fungsinya sebagai guru.(3) Faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya karisma guru ialah jenjang pendidikan yang kurang merata seperti: Guru hanya berijazah MA,MAN maka guru kurang professional dalam mengajar atau membimbing siswa. (4) Kepribadian siswa di MTs Sulthan Muhammad kurang baik karena di pengaruhi oleh faktor lingkungan yaitu karisma guru. (5) Bentuk-bentuk kepribadian siswa di MTs Sulthan Muhammad ialah berbentuk kepribadian lawwamah yang mana kepribadian lawwanah didominasi oleh akal. Jadi kepribadian siswa bias berubah dengan akal dan pikiran apabila siswa ingin merubah tingkah laku yang kurang baik maka kepribadian siswa akan baik karena kepribadian siswa di pengaurhi oleh lingkungan apabila lingkungan sudah baik yaitu karisma guru maka kepribadian siswa akan baik.
Tidak tersedia versi lain