Text
Optimalisasi Kegiatan Ekstra Kurikuler Dalam Meningkatkan Bakat dan Minat Siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Amien Gilidikan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan
ABSTRAK
SITI BABUNIYAH, 2006, Optimalisasi Kegiatan Ekstra Kurikuler Dalam Meningkatkan Bakat dan Minat Siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Amien Gilidikan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing, Ainur Rahman Hidayat M.Hum.
Kata kunci: Ekstra Kurikuler, Bakat, Minat.
Penelitian ini difokuskan pada optimalisasi kegiatan ekstra kurikuler, bentuk-bentuk kegiatan ekstra kurikuler dalam meningkatkan bakat dan minat siswa, kendala-kendala atau masalah –masalah yang dihadapi siswa dalam mengoptimalkan kegiatan ekstra kurikuler, serta upaya-upaya apa saja yang dilakukan sekolah dalam mengoptimalkan kegiatan ekstra kurikuler untuk meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Amien Gilidigan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya deskriptif. Data yang diperoleh denga cara observasi dan wawancara, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis tema dan analisis realitatif deskriptif kemudian seluruh data yang didapat dicek keabsahannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstra kurikuler di Madrasah Tsanawiyah AL-Amien Gilidigan Pamekasan sudah terlaksana, namun dalam pelaksanaannya berjalan secara kurang optimal, ini dapat dilihat dari beberapa indicator yaitu, peminat dari sebagian kegiatan ekstra kulikuler sedikit,semangat atau motivasi siswa untuk meningkatkan bakat dan minatnya rendah atau lemah, dan kurangnya keaktifan siswa dalam setiap pertemuan rutinitas kegiatan ekstra kulikuler. Sedangkan bentuk-bentuk kegiatan ekstra kulikuler dalam meningkatkan bakat dan minat siswa Madrasah Tsanawiyah AL-Amien Gilidigan Pamekasan adalah: Teater, kursus bahasa inggris, kursus computer dan pengjajian kitab-kitab kuning. Masalah-masalah atau kendala yang dihadapi siswa dalam mengoptimalkan kegiatan ekstra kurikuler meliputi factor internal sekolah dan factor eksternal sekolah. Factor internal sekolah diantaranya adalah minimnya sarana dan prasarana, pendanaan, dan efektifitas waktu. Sedangkan factor ekstrenalnya adalah keberadaan ekonomi orang tua siswa yang tergolong lemah serta tempat tinggal siswa yang jauh dari lembaga. Adapun upaya yang dilakukan kepala sekolah serta guru Pembina dalam mengoptimalkan kegiatan ekstra kurikuler tersebut yaitu, memperbanyak pertemuan latihan, memberikan motivasi dan layanan bimbingan, mengatur waktu yang tepat, mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah dan membentuk kelompok belajar komputer.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas maka perlu adanya evaluasi dan pembenahan dari kegiatan ekstra kurikuler tersebut, karena kegiatan ekstra kurikuler selain membantu meningkatkan pelajarn intra sekolah juga dapat membentuk dan mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan manusia seituhnya yang positif.
Tidak tersedia versi lain