Text
Motivasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SMPN 5 Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
ABSTRAK
Halimatus Safariyah, 2006, Motivasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SMPN 5 Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing, Ainurrahman Hidayat, M.Hum.
Kata Kunci: Motivasi, Profesionalitas Guru, Kepala sekolah.
Penelitian ini difokuskan pada, pertama, Motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru, kedua, Bentuk-bentuk motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru, ketiga, Kendala-kendala yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMP Negeri 5 pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya deskriptif. Data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisis tema dan analilisis realitatif dan deskriptif. Kemudian seluruh data yang didapat di cek keabsahannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 5 Pamekasan kurang berpengaruh secara signifikan. Hal ini terbukti masih ada sebagian guru yang kurang disiplin dalam mengajar, menerapkan metode mengajar yang kurang baik. Bentuk-bentuk motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 5 Pamekasan yakni: meningkatkan kedisiplinan guru dengan cara membuat peraturan secara tertulis, memberikan pengarahan, teguran dan sangsi, menyediakan sarana danprasarana yang memadai bagi guru berupa buku-buku pelajaran untuk mengajar dan alat pembelajaran, menganjurkan atau mguru untuk mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan penataran. Melakukan monitoring (kunjungan kelas) secara langsung dan tidak langsung, memberikan kesempatan pada guru untuk melakukan penyetaraan pendidikan, menyampaikan informasi yang berkenaan dengan masalah pendidikan secara langsung dan tidak langsung., meningkatkan kesejahteraan guru guru berupa material dan memberikan sertifikat, merujuk urusan kesiswaan dan Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) serta bekerja sama dengan Bimbingan dan Penyuluhan (BP) agar guru professional dalam bersikap pada anak didik.
Namun meskipun demikian di dalam melakukan atau memberikan motivasi masih terdapat kendala-kendala atau penghambat sehingga jalanny motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 5 Pamekasan yakni adanya latar belakang pendidikan guru yang tidak merata, sarana yang kurang memadai seperti jumlah kelas dan alat pembelajaran serta dana yang terbatas. Selain itu kendala yang di alami kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 5 Pamekasan yakni tidak semua guru atau sebagian guru berminat mengikuti kegiatan pendidikan seperti penataran khususnya guru perempuan dikarenakan mempunyai kendala sendiri. Dan juga adanya sebagian guru yang mengajar tidak sesuai dengan keahliannya atau bidangnya.
Tidak tersedia versi lain