Text
Optimalisasi keterampilan kelas guru Agama di MTs Al-Amien Glidikan Bugih pamekasan,Skripsi,Jurusan Tarbiyah,program studi pendidikan agama islam,sekolah tinggi agama islam Negri pamekasan,pembimbing
ABSTRAK
ANDRIYANI, 2007,Optimalisasi keterampilan kelas guru Agama di MTs
Al-Amien Glidikan Bugih pamekasan,Skripsi,Jurusan Tarbiyah,program studi pendidikan agama islam,sekolah tinggi agama islam Negri pamekasan,pembimbing.Prof.Drs.H.Sunardji DT, M.Pd.
KATA KUNCI:keterampilan mengelola kelas,Guru Agama
Penelitian ini di fokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian utama penelitian utaman,bagaimana guru agama dalam mengelola kelas di MTs.Al Amin Glidingan Bugih pamekasan.kedua bagaimana kopotensi guru agama dalam mengelola kelas di MTs Al Amin Glidingan Bugih pamekasan.ketiga ,apa saja hambatan/kendala yang dihadapi gendala guru agama dalam mengelola kelas di MTs.Al Amin Glidingan Bugih pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif ,data yang diperoleh dengan cara wawan cara,observasi dan dokumentasi,kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif,kemudian data yang didapat dicek keabsahanya dengan perpanjangan keikutsertaan,ketekunan pengematan,triangulasi,uraian rinci,Analisis Kasus Negatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru agama dalam mengelola kelas di MTs.Al Amien Glidingan Bugih pamekasan adalah sudah berjalan dengan baik dan betul-betul siap dalam menguasai materi yang diajarkannya terhadap siswa.sedangkan kompotensi guru agama dalam mengelola keles di MTs.Al Amien Bugih Glindingan pamekasan adalah baik,karena pada umumnya guru agama sudah mampu di topang dari latar belakang pendidikan yang berkomenten dengan rata-rata lulusan S1 sesuai dengan vaknya dan fasilitas memadai diantaranya laboratoriom komputer,layer monitor dan perpustakaan.sedangkan hambatan/kendala yang dihadapi guru agama islam mengelola kelas di MTs.Al Amien Glidingan Bugih pamekasan adalah factor internal yaiti kurangnya minat siswa dan kurang maksimalnya penggunaan sarana atau fasilitas yang ada.sedangkan factor ekternal meliputi lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain