Text
Problematikan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Belajar Mengajar di MA Al-Azhar Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islama Negeri (STAIN) Pamekasan
ABSTRAK
Zainal Abidin, 2011. Problematikan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Belajar Mengajar di MA Al-Azhar Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islama Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci : Problematika Guru Pendidikan Agama Islam, proses belajar mengajar
Ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Petama, problematika guru PAI dalam proses belajar mengajar di MA Al-Azhar Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kedua, Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problema guru PAI dalam proses belajar mengajar di MA Al-Azhar Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis analisis deskriptif. Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui interview, observasi dan dokumentasi. Adapun informan atau subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa di Madrasah Aliyah Al-Azhar di Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, observasi mendalam, triangulasi, uraian rinci dan analisis kasus negatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dapat disimpulkan Pertama, problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses belajar-mengajar di Madrasah Aliyah Al-Azhar Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan adalah rendahnya minat belajar siswa dalam belajar PAI, kurangnya sarana pembelajaran PAI, keterbatasan guru PAI dalam menguasai metode pembalajaran, perbedaan pemahaman siswa terhadap pemahaman PAI yang disebabkan oleh latar belakang pendidikan siswa, tidak adanya seleksi yang ketat dalam penerimaan siswa baru, makin merosotnya akhlak siswa akibat kemajuan tekhnologi.
Kedua upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses belajar-mengajar di Madrasah Aliyah Al-Azhar Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan adalah: mengadakan pendekatan terhadap para orang tua agar mereka lebih peduli lagi terhadap pelajaran PAI yang di tempuh oleh anaknya, meningkatkan motivasi belajar para siswa melalui pendekatan spiritual, terkait dengan kekurang literatur PAI guru memberi pinjaman dan membeli secara patungan, terkait metode pembelajaran guru PAI telah berupaya untuk memodifikasi metode yang kurang menarik menjadi lebih menarik dan terkait dengan penerimaan siswa baru guru PAI memberikan masukan kepada kepala sekolah untuk lebih selektif lagi dalam menerima siswa baru, terkait dengan masalah moral siswa yang merosot guru PAI memberikan contoh (teladan) yang baik.
Sehingga dengan demikian diharapkan dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik di MA Al-Azhar untuk membenahi kurikulum, mendalami materi dan menggunakan metode yang bervariasi terkait dengan mata pelajaran yang diampunya, serta jalinan kerja sama antar guru, kepala sekolah dan masyarakat sekitar.
Tidak tersedia versi lain