Text
Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kelulusan Ujian Nasional di MA Nurul Islam Karang Cempaka Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Sajuno 2011, Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kelulusan Ujian Nasional di MA Nurul Islam Karang Cempaka Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. SAIFUL ARIF, M Pd.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Ujian Nasional.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kelulusan ujian nasional di MA Nurul Islam Karang Cempaka kecamatan Bluto kabupaten Sumenep. Kedua, bagaimana hasil dari Strategi pembelajaran dalam meningkatkan kelulusan ujian nasional di MA Nurul Islam Karang Cempaka kecamatan Bluto kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan fokus penelitian melalui penelitian yang mendalam pada situasi yang wajar dan alamiah, kepala MA Nurul Islam Karang Cempaka kecamatan Bluto kabupaten Sumenep sebagai objek utama dalam penelitian ini, dan sumber data dalam penelitian ini adalah MA Nurul Islam Karang Cempaka kecamatan Bluto kabupaten Sumenep diantaranya Waka kurikulum, dari dewan guru, serta siswa-siswi. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan dua cara yaitu Pertama, dengan cara menyeleksi atau mengelompokkan data, Kedua, dengan cara memaparkan atau mendiskripsikan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru di MA Nurul Islam Karang Cempaka kecamatan Bluto kabupaten Sumenep dalam meningkatkan kelulusan ujian nasional yaitu mempunyai langkah dengan cara memilih dan mempertimbangkan strategi pembelajaran sebelum digunakan pada waktu proses kegiatan belajar mengajar berlangsung atau melihat kepada kebutuhan akan kondisi kelas dan keberadaan para siswa, yang kesemuanya itu mempunyai tujuan tidak lain agar materi yang akan disampaikan kepada para peserta didik dengan mudah ditangkap dan dipahami. Selain itu ada bermacam-macam strategi pembelajaran yang diterapkan atau digunakan oleh para guru antara lain yaitu ada yang menggunakan strategi pembelajaran aktif (active learning), strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, strategi pembelajaran inkuiri, ekspositori kemudian ada yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning), serta strategi pembelajaran kontekstual (contextual learning). Namun yang paling dominan atau digunakan yaitu strategi pembelajaran aktif.di samping itu para guru dan siswa melakukan dzikir dan do’a bersama. Sedangkan mengenai hasil dari penggunaan strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kelulusan ujian nasional di MA Nurul Islam Karang Cempaka kecamatan Bluto kabupaten Sumenep sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya tingkat kelulusan dan perolehan nilai ujian nasional yang lebih baik dari tahun sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain