Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan
ABSTRAK
Nama : Riskiyah, 2011, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing Prof. Dr.Sunardji Dahri Tiam, M.Pd
Kata Kunci : Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Guru
Kualitas guru merupakan hal penting yang harus selalu ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan kontemporer, karena kualitas guru akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di Sekolah. Secara teoritis kualitas guru dapat dipengaruhi oleh latar belakang jenjang pendidikan guru. Peningkatang kualitas profesi guru dapat dilakukan oleh adanya upaya kepala sekolah atau instansi terkait serta secara individu guru yang senantiasa melakukan peran dan tugas serta tanggung jawabnya sebagai guru yang profesional.
Masalah yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini pertama, Upaya apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan?. Kedua, Kendala apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan mutu guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan, 2) Untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam peningkatan mutu guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan pendekatan penelitian menggunakan kualifikatif dengan jenis deskreptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang memberikan informasi adalah Kepala sekolah dan guru di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk memperkuat hasil temuan dilakukan cek keabsahan data melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trigulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya peningkatan mutu guru MTs Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan yaitu mengadakan forum evaluasi guru setiap 3 bulan, forum silaturrahmi guru (SILGU), pelatihan pendidkan, mengikuti MGMP, pendidikan dalam jabatan,dikutkan pada program sertifikasi. Kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu guru MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan masih terdapat beberapa guru yang memiliki kompetensi keilmuan dan profesionalitas rendah dan memprihatinkan, dan kurang terpacu dan termotivasi untuk memberdayakan diri, mengembangkan profesionalitas diri dan memutakhirkan pengetahuan mereka secara terus menerusdan berkelanjutan, masih banyak guru yang kurang terpacu, terdorong dan tergerak secara pribadi untuk mengembangkan profesi mereka sebagai guru, kurangnya subsidi dana sehingga berdampak terhadap kurangnya sarana dan prasarana, dikarenakan kurang adanya perhatian serta subsidi dari pemerintah dan masyarakat sekitar sekolah golongan ekonominya masih terggolong menengah ke bawah.
Tidak tersedia versi lain