Text
Strategi Kepala Sekolah Dalam Rekrutmen Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Muhammad Qomaruddin, 2011, Strategi Kepala Sekolah Dalam Rekrutmen Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Buna’i, S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Dalam Rekrutmen Guru Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini ada tiga fokus penelitian, Pertama, bagaimana kepala sekolah dalam merencanakan rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?. Kedua, bagaimana kepala sekolah melakukan rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di MTs. Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kec. Palengaan Pamekasan?. Ketiga, bagaimana cara kepala sekolah mengevaluasi rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?
Tujuan penelitian ini dapat mendeskripsikan kepala sekolah dalam merencanakan rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Mendeskripsikan kepala sekolah melakukan rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di MTs. Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kec. Palengaan Pamekasan. Mendeskripsikan cara kepala sekolah mengevaluasi rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif, kemudian seluruh data yang didapat dicek keabsahannya dengan Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,triangulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, meliputi seleksi, penempatan, pengembangan dan kesejahteraan guru, selain itu Ketua Yayasan, Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan para guru senior mengadakan rapat dengan langkah antisipatif dan preventif untuk merekrut guru Pendidikan Agama Islam, mulai dari langkah pendekatan formal ataupun informal, fungsional maupun emosional. Kedua, kepala sekolah dalam melakukan rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan adalah seleksi terkait erat dengan rekrutmen dalam hal ini sama-sama menentukan. Hal tersebut dikarenakan bahwa proses seleksi terkait erat dengan langkah dalam memutuskan diterima tidaknya, layak tidaknya atau tepat tidaknya seorang menduduki posisi tertentu terlebih lagi dalam pendidikan, proses seleksi penting untuk menentukan kelayakan dan ketepatan dalam mendidik. Ketiga, cara kepala sekolah mengevaluasi rekrutmen guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan Walbanat Sumber Panjalin Akkor Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan adalah diukur dari kompetensi etos kerja dari seorang guru agama dalam mengajar yang efektif berhasil tidaknya dalam menerapkan materi pelajaran dan memiliki integritas dan kapabilitas dalam mengajar serta berkompeten dibidangnya dan rata-rata lulusan S-1 sesuai dengan vaknya indikatornya kesiapan guru, penguasaan dan penerapan metode mengajar.
Tidak tersedia versi lain