Text
Pengaruh Kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Terhadap Peningkatan Keberagamaan Santri di Masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan, skripsi, jurusan tarbiyah, program studi pendidikan agama islam (PAI), STAIN Pamekasan
ABSTRAKSI
Naisah, 2011 : Pengaruh Kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Terhadap Peningkatan Keberagamaan Santri di Masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan, skripsi, jurusan tarbiyah, program studi pendidikan agama islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Norhasan, M.Ag
Kata Kunci : Kegiatan TPQ, Peningkatan Keberagamaan.
Mendidik anak merupakan tanggung jawab kita bersama. Orang tua pendidik pertama dan utama di rumah, guru pendidik utama di sekolah, masyarakat juga pendidik dalam lingkungannya. Sinergisitas peran - peran diatas harus dibina dengan kesungguhan guna mewujudkan generasi Robbani yaitu melalui al-Qur’an, Shalat, do’a dan akhlaq.
Berdasarkan dari latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yang akan diteliti. Adapun rumusan tersebut sebagai berikut 1) Adakah Pengaruh Kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) terhadap Peningkatan Keberagamaan Santri TPQ di Masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan ?, 2) Seberapa besar Pengaruh Kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) terhadap Peningkatan Keberagamaan Santri TPQ di Masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) terhadap Peningkatan Keberagamaan Santri TPQ di Masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) terhadap Peningkatan Keberagamaan Santri TPQ di Masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, yaitu variabel yang selalu berhadapan dengan angka-angka atau penelitian yang berpijak pada metode statistik. Untuk menguji hipotesa atau menyelidiki hipotesa digunakan angka-angka. Ada dua variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini, yaitu Kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an yang diberikan sebagai variabel bebas (X) dan Keberagamaan santri sebagai variabel terikat (Y).
Dari hasil temuan-temuan melalui analisis data yaitu observasi, dokumentasi, dan hasil angket, menyatakan ada pengaruh kegiatan taman pendidikan al-Qur’am terhadap peningkatan keberagamaan santri di masjid Al-Ula Desa Ambat Tlanakan Pamekasan, ini dapat diketahui dari hasil observasi bahwa adanya ketelatenan guru pengajar dalam mendidik siswanya, khususnya dalam meningkatkan keberagamaan santri, di samping itu guru mampu menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat anak didiknya dalam meningkatkan keberagamaan, yaitu adanya peningkatan dalam pemahaman membaca Al-Qur’an, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, dan menciptakan sikap sosial yang islami. Sedangkan dari hasil angket dapat diketahui dari nilai “r” kerja lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf significant 95% dan 99%. Hal itu membuktikan bahawa (H1) yang menyatakan adanya pengaruh taman pendidikan al-Qur’an terhadap peningkatan keberagamaan santri diterima.
dengan N = 29 dengan taraf signifikansi 95% = 0,367 dan taraf signifikansi 99% = 0,470, ternyata r kerja (0, 725), lebih besar dari pada nilai harga kritik baik pada tingkat signifikansi 95% dan 99%. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh taman pendidikan al-Qur’an, peneliti konsultasikan pada tabel interpretasi poduct moment yang dapat dikatagorikan Cukup Significant sebab “r” kerja adalah 0,725. Setelah peneliti melakukan interpretasi dari nilai “r” kerja dengan “r” tabel interpretasi product moment, dimana “r” kerja berada pada rentang 0600 sampai dengan 0,800.
Tidak tersedia versi lain