Text
Penerapan KTSP Dalam Bidang Studi Aqidah Akhlak di MTs Darun Najah Desa Gadu Timur Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Muayyanah 2010, Penerapan KTSP Dalam Bidang Studi Aqidah Akhlak di MTs Darun Najah Desa Gadu Timur Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Drs. Masyhur Abadi, M. Fil. I
Kata Kunci: KTSP, Bidang Studi Aqidah Akhlak
Dalam penelitian Penerapan KTSP Dalam Bidang Studi Aqidah Akhlak di MTs Darun Najah Desa Gadu Timur Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, Pemahaman guru aqidah akhlak di MTs Darun Najah tentang KTSP. Kedua, Penerapan KTSP dalam bidang studi aqidah akhlak di MTs Darun Najah. Ketiga, Hambatan-hambatan dalam penerapan KTSP dalam bidang studi aqidah akhlak di MTs Darun Najah.
Penelitian ini dilihat dari fenomena, bahwa memandang tingkah laku makhluk manusia, apa yang mereka lakukan dan yang mereka perbuat, sebagai hasil dari bagaimana yang mereka tafsirkan untuk memahami dunianya. Dengan kata lain pemahaman akan sesuatu bukan semata-mata menurut perspektif penelitian melainkan apa yang dimaksud oleh subyek peneliti, keberadaan subyek yang diteliti ini banyak menentukan hasil dari apa yang diteliti, karena hakekatnya subyek inilah yang lebih banyak mengatahui tentang apa yang dibutuhkan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada, di samping itu penelitian deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau dalam keadaan ataupun peristiwa sebagaimana adanya, sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta (fact finding).
KTSP merupakan sebuah kurikulum yang lebih menekankan pada praktek dimana siswa dituntut untuk kreatif mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahna sedangkan guru memfasilitasi. Adapun penerapannya di MTs Darun Najah lebih mengunakan metode memecahkan suatu persoalan. Adapun hambatan yang dihadapi dalam penerapan KTSP dalam bidang studi aqidah akhlak di MTs Darun Najah adalah kebanyakan siswanya kurang begitu siap jika harus menggunakan metode diskusi karena secara psikologis mereka masih dalam taraf perkembagan anak-anak dimana pemikirannya masih kurang begitu berkembang. Selain itu ada siswanya yang mengalami kesulitan dalam hal membaca ayat.
Tidak tersedia versi lain