, Penerapan Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Mohammad Zaini, 2011, Penerapan Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Eva Nikmatul Rabbianty, M.Pd
Kata kunci : Pembelajaran Interaktif dan Prestasi Siswa
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana penerapan pembelajaran interaktif dalam meningkatkan prestasi siswa pada pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan (2) Apa saja Komponen-komponen yang mempengaruhi penerapan pembelajaran interaktif dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Penerapan pembelajaran interaktif dalam meningkatkan prestasi siswa pada pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan (2) Komponen-komponen yang mempengaruhi penerapan pembelajaran interaktif dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, siswa,, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah ceking,organising, coding, sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, keekunan pengamatan, trianggulasi dan Uraian rinci
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran interaktif dalam meningkatkan prestasi siswa pada pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan pada pelaksanakannya dapat membawa siswa pada gairah belajar yang tinggi karena siswa menganggap bahwa dalam belajar siswa mempunyai hak dan kewajiban yang sama. (2) Komponen-komponen yang mempengaruhi penerapan pembelajaran interaktif dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Bulangan Timur II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan adalah, kemampuan siswa yang kemampuannya di bawah rata-rata, dan kurangnya kesadaran murid akan pentingnya pendidikan untuk mempunyai LKS sehingga dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi sedikit terkendala, namun setelah dilaksanakan pembelajaran interaktif nilai siswa rata-rata berada pada angka 70 keatas walaupun ada beberapa siswa yang tidak mencapai
Tidak tersedia versi lain