Text
Efektivitas Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Terhadap Pemahaman Beribadah Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Amir Siraj, 2011. Efektivitas Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Terhadap Pemahaman Beribadah Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan. Pembimbing Drs. H. M. Rasyid Ridla, M.Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran Kitab Fathul Qarib, Pemahaman Beribadah Siswa
Ada dua hal yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, tentang ada atau tidaknya efektivitas pembelajaran kitab Fathul Qarib terhadap pemahaman beribadah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep Tahun Pelajaran 2010-2011. Kedua, seberapa besar efektivitas pembelajaran kitab Fathul Qarib terhadap pemahaman beribadah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep Tahun Pelajaran 2010-2011.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep Tahun Pelajaran 2010-2011 yaitu sebanyak 161 siswa. Namun dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yang berjumlah 41 orang siswa. Pengumpulan data mulai tanggal 23 Mei sampai 02 Juni 2011 dengan instrumen angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan teknik product moment.
Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran kitab Fathul Qarib terhadap pemahaman beribadah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep Tahun Pelajaran 2010-2011 adalah cukup signifikan. Hal ini terbukti dari analisis data statistik diperoleh nilai “r” kerja sebesar 0, 654. apabila nilai “r” kerja dibandingkan dengan “r” tabel harga kritik product moment. Dari tabel tersebut diketahui bahwa “r” tabel harga kritik pada N = 41 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,308 dan pada interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,396.
Jika nilai “r” kerja sebesar 0,654 dibandingkan dengan nilai tabel harga kritik product moment baik pada interval kepercayaan 95% maupun pada interval kepercayaan 99%, maka nilai “r” kerja tersebut lebih besar daripada nilai “r” tabel, sehingga dapat diartikan bahwa “r” kerja signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pembelajaran kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Batuputih Sumenep perlu ditingkatkan, agar pemahaman beribadah siswa juga semakin meningkat.
Tidak tersedia versi lain