Text
Pengaruh Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pembentukan Keterampilan Siswa Di MAN Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
MAWADDAH, 2011, Pengaruh Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pembentukan Keterampilan Siswa Di MAN Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun Ar, M.Ag
Kata Kunci : Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fiqih, Pembentukan Keterampilan Siswa
Ada dua permasalahan dalam penelitian ini , yaitu (1) Adakah Pengaruh Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pembentukan Keterampilan Siswa Di MAN Sampang? (2) Seberapa besar Pengaruh Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Pembentukan Keterampilan Siswa Di MAN Sampang?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang : (1) Ada tidaknya pengaruh metode demonstrasi mata pelajaran fiqih terhadap pembentukan keterampilan siswa di MAN Sampang. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh metode demonstrasi mata pelajaran fiqih terhadap pembentukan keterampilan siswa di MAN Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X,XI,XII yang berjumlah 700 siswa. Mengingat jumlah populasi terlalu banyak maka peneliti mengambil sampel 10% dari seluruh siswa dengan jumlah sampel 70 siswa. Sampel ini merupakan pengambilan sampel dengan cara Purposive Sample atau sampel bertujuan yakni alasan keterbatasan waktu, tenaga, dan dana sehingga peneliti tidak dapat mengambil sampel yang besar. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Cara penentuan sampel adalah menggunakan sampel random atau sampel acak. Teknik sampling ini diberi nama demikian karena di dalam pengambilan sampelnya, peneliti ”mencampur” subjek-subjek di dalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Dengan demikian maka peneliti memberi hak yang sama kepada setiap subjek untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel.
Sampel yang diambil adalah kelas X yakni kelas X-1 sampai dengan kelas X-7 dengan cara diacak pada tiap daftar absensi kelas masing-masing. Tiap-tiap kelas diacak sebanyak 10 siswa sebagai responden penelitian
Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi mata pelajaran fiqih terhadap pembentukan keterampilan siswa di MAN Sampang. Hal ini terbukti dari analisis data statistik diperoleh nilai r kerja sebesar 0,410 lebih besar daripada nilai r tabel product moment pada N=70 dalam taraf signifikansi 5% sebesar 0,235 maupun taraf signifikansi 1% sebesar 0,306 maka ada pengaruh positif metode demonstrasi mata pelajaran fiqih terhadap pembentukan keterampilan siswa di MAN Sampang berada pada rentangan angka antara 0,400 sampai dengan 0,600 dengan interpretasi agak rendah.
Tidak tersedia versi lain