Text
Upaya Peningkatan Apresiasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Ahklak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI
ABSTRAK
Marsum 2011, Upaya Peningkatan Apresiasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Ahklak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing; H. Moh. Muchlis Sholichin, M.Ag.
Kata kunci: Apresiasi, Pembelajaran Akhlak
Ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa saja faktor-faktor apresiasi siswa dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Pamekasan? (2) Bagaimana upaya meningkatkan apresiasi siswa dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Pamekasan?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui Apa saja faktor-faktor apresiasi siswa dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Pamekasan, (2) Untuk mengetahui upaya meningkatkan apresiasi siswa dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan peneliti, dan Triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan Pertama, faktor-faktor apresiasi siswa dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Pamekasan, antara lain adalah Guru yang propesional, Kelas yang Kondusip, Adanya Dorongan dari Orang Tua, Minat Siswa, Media Pembelajaran, Watak (Tobi’at) Siswa, Lingkungan Madrasah, Sarana Prasarana Madrasah, Pasilitas dalam proses belajar-mengajar agar Siswa dalam proses pembelajaran akhlak, mampu berprilaku sesuai norma-norma agama yang dapat diambil dari pembelajaran akhlak itu sendiri. Siswa mengalami perubahan sikap dari sebelumnya (dari bentuk negative ke positif) serta mengaplikasikannya kesehariannya baik di lingkungan madrasah, keluarga lebih-lebih lingkungan masyarakat. Kedua, upaya meningkatkan apresiasi siswa dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Wustha Ailah Sholihah Laden Pamekasan yaitu, Dari segi guru baik guru akhlak itu sendiri maupun guru bidang study yang lain, tidak semata-mata memberikan teori saja, namun diterapkan secara nyata. Karena dalam hal ini membahas tentang akhlak maka erat hubungannya dengan sikap, perbuatan, dan ucapan oleh karena itu guru memberikan contoh akhlak baik yang kepada anak didiknya, baik di dalam kelas ataupun diluar kelas. Sehingga nantinya siswa tau mana yang baik dan man yang tidak baik. Untuk guru bidang study akhlak itu sendiri setidaknya menggunakan mekanisme/metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa itu sendiri.
.
Tidak tersedia versi lain