Text
pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTS Al-ABROR 2 Ambat Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI
ABSTRAK
MAHFUDAH 2011, pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTS Al-ABROR 2 Ambat Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI, pembimbing Dr. Atiqullah, S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci: Administrasi Kesiswaan.
Penelitian ini bertujuan: pertama, mendiskripkan Usaha Kepala Sekolah dalam pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTs Al-Abror 2 MTS Al-abror 2 ambat kecamatan tlanakan kabupaten pamekasan, kedua, mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan atministrasi kesiswaan di MTS Al-Abror 2 Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsikan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat amati dan data tersebut bersifat pernyataan. Sumber datanya adalah kepala sekolah, 3 guru, 1 waka kesiswaan dan 3 siswa, aktifitas, peristiwa, dan data-data dokumentrasi teknik penggumpulan data di lakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentrasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif.dalam penelitian ini menggunakan tekhnik triangulasi data yaitu tekhnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber di luar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Penelitian ini di lakukan selama 3 bulan mulai 28 maret 2011 sampai 06 mei 2011.
Dari hasil penelitian dan pembahasan di peroleh kesimpulan sebagai berikut: pertama, upaya kepala sekolah dalam pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTs Al-Abror 2 di lakukan melalui: pembentukan panitian / petugas khusus yang menangani administrasi kesiswaan (waka), pembinaan siswa yang baik, seperti mengadakan MOSBA (masa orientasi siswa baru), terhadap siswa yang sudah terdaftar di MTs Al-Abror 2, perencanaan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, menganjurkan kepada semua guru agar membuat perencanaan dalam kegiatan pembelajaran, meningkatkan kuantitas dan kualitas siswa di MTs Al-Abror 2. kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan administrasi kesiswaan di MTs Al-Abror 2. faktor pendukungnya adalah tersediaanya fasilitas yang memadai seperti perpustakaan dan lab computer, kompetensi guru yang baik. Faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang ada di lembaga pendidikan kurang dioptimalkan, faktor intern (kurangnya minat siswa dalam belajar dan siswa hanya pasif dalam kegiatan belajar mengajar), faktor ekstern (kurangnya motivasi dan bimbingan dari orang tua ).
Tidak tersedia versi lain