Text
Peranan Keterampilan Bertanya Guru dalam Meningkatkan Daya Serap Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Sekolah Dasar Branta Pasiser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Jamaluddin 2011, Peranan Keterampilan Bertanya Guru dalam Meningkatkan Daya Serap Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Sekolah Dasar Branta Pasiser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan Pembimbing Drs. H.M. Zaini,M.M
Kata kunci : Keterampilan bertanya guru , daya serap dan PAI
Ada dua Rumusan masalah yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Adakah peranan ketrampilan bertanya guru dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam Pada anak Sekolah Dasar Branta Paseser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan? (2) Seberapa besar peranan ketrampilan bertanya guru dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam Pada anak Sekolah Dasar Branta Paseser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan ?
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Ada atau tidaknya peranan keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam Pada anak Sekolah Dasar Branta Paseser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. (2) Untuk mengetahui Seberapa besar peranan ketrampilan bertanya guru dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam Pada anak Sekolah Dasar Branta Paseser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, sumber data penelitian ini adalah guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment sebab penelitian ini hakekatnya ingin meneliti hubungan dua variabel penelitian yang setiap variabelnya berjenis data interval sedangkan populasinya berjumlah 252, teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah proportional stratified random sampling, karena setiap kelas dari setiap tingkatan diambil secara proporsional (presentase) dengan cara random artinya setiap siswa berhak untuk menjadi sampel yang ditentukan secara acak (random) melalui undian Besar sampel yang digunakan 20% jumlah sampel keseluruhan adalah 51 siawa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peranan ketrampilan bertanya guru dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam pada anak di Sekolah Dasar Branta Paseser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan, cukup berperanan, terbukti bahwa nilai “r” tabel pada N=51 dalam interval kepercayaan 95% dan 99% di peroleh nilai sebesar 0,297 dan 0,361. jika nilai “r” kerja sebesar 0,672 dibandingkan dengan nilai “r” tabel baik dalam interval kepercayaan 95% maupun 99%, maka nilai “r” kerja berada diatas harga kritik “r” product moment. Berarti nilai “r” kerja cukup signifikan (2) Besar peranan ketrampilan bertanya guru dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam Pada anak Sekolah Dasar Branta Paseser I Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan rata-rata ckup berperanan, terbukti diketahui bahwa nilai “r” kerja 0,672 berada diantara rentangan angka 0,600 sampai dengan 0,800Dengan demikian maka hipotesa yang menyatakan: “ Keterampilan bertanya guru cukup berperan dalam meningkatkan daya serap bidang studi pendidikan agama Islam Pada anak Sekolah Dasar Branta Paseser I Kecamatan. Tlanakan Kabupaten. Pamekasan, di terima, karena berada pada rentangan cukup.
Tidak tersedia versi lain