Text
Persepsi Siswa Tentang Guru Biofili di MAN Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan,
ABSTRAK
Istifsaroh, 2011, Persepsi Siswa Tentang Guru Biofili di MAN Pamekasan, Skripsi,
Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing, Bapak Fathol Haliq M.Si.
Kata kunci: Persepsi Siswa, Guru Biofili, di MAN Pamekasan
Keberhasilan pendidikan tidak bisa dipisahkan dari peranan penting seorang guru, guru jadi aktor utama disamping orang tua dan elemen lainnya, dengan adanya guru, diharapkan anak didik menjadi manusia yang cerdas nalar, emosional, dan cerdas spiritual, dan bukan menjadi manusia yang pasif, kerdil dan tidak mampu mengatasi permasalahan hidup, maka hendaknya para guru tidak hanya mengajar sesuai materi silabus saja, akan tetapi juga memperhatikan serta mengarahkan segala aspek perkembangan pribadi siswa, sebagaimana pada konsep pangajaran yang dilakukan oleh guru biofili, yaitu mengajarkan nilai, mengajarkan makna kehidupan dan melakukan
Yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini yaitu, Persepsi Siswa Tentang Proses KBM yang dilakukan oleh Guru Biofili di MAN Pamekasan. Penelitian ini berlangsung selama 31 hari, mulai dari tanggal 30 April 2011 sampai tanggal 31 Mei 2011, dan peneliti dapat menjaring 15 informan siswa dan 7 informan guru, jadi semuanya berjumlah 22 informan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data yang terkumpul berbentuk transkip wawancara yang didukung dengan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengenai persepsi siswa tentang proses KBM yang dilakukan oleh guru biofili, dari 15 informan siswa dan 7 informan guru menunjukkan bahwa, sebagian besar menyatakan suka / setuju dan sebagian kecil menyatakan tidak suka. Alasan informan yang suka terhadap proses KBM yang dilakukan oleh guru biofili, karena sadar dan dapat merasakan manfaat pengajaran yang dilakukan, baik itu pengajaran nilai, pengajaran makna kehidupan dan pengajaran hadap masalah, sedangkan alasan informan yang menyatakan tidak suka, karena tidak menyadari manfaat dan kurang memperhatikan pengajaran yang dilakukan, serta pengaruh latar belakang responden itu sendiri,
Tidak tersedia versi lain