Text
Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI) Upaya Peningkatan Intelektualitas Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Hasnur Rafik, 2011, Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI) Upaya Peningkatan Intelektualitas Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci : Paradigma Pendidikan Agama Islam, Intelektualitas Siswa
Latar belakang masalah tentang paradigma Pendidikan Agama Islam upaya peningkatan intelektualiatas siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dalam hal ini masih didominasi guru. Guru cenderung menggunakan metode ceramah di dalam kelas dibandingkan dengan metode lain yaitu sulitnya membuat siswa aktif.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana formulasi paradigma Pendidikan Agama Islam upaya peningkatan intelektualitas siswa dalam proses belajar mengajar di di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan?. Kedua, apa saja hambatan dalam pelaksanaan pradigma pendidikan agama islam dalam peningkatan intelektualitas dalam proses belajar mengajar di di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif, kemudian seluruh data yang dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa paradigma pendidikan agma islam dalam peningkatan intelektualitas siswa dalam proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan adalah baik, karena ditunjang untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan pengembangan profesi guru yang mencakup beberapa komponen meliputi Rencana Pelaksaaan Pembelajaran (RPP), program Semester (Promes) dan program tahunan. Sedangkan hambatan guru mengajar di di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh faktor guru dan faktor sarana dan prasarana yang memadai.
Tidak tersedia versi lain