Text
Pengaruh Kultur Kekerasan Di Sekolah Terhadap Penumbuhan Daya Kreatifitas Anak di MTs Darul Iman Omben Sampang. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Study Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Pamekasan
ABSTRAK
Faidatun Insani 2011 ,Pengaruh Kultur Kekerasan Di Sekolah Terhadap Penumbuhan Daya Kreatifitas Anak di MTs Darul Iman Omben Sampang. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Study Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Pamekasan, pembimbing, Prof,DR.Sunardji Dahri Tiam
Kata Kunci : Kultur Sekolah, Penumbuhan Daya Kreatifitas Anak
Tugas pokok dan terpenting bagi terwujudnya budaya sekolah yang kondusif, maka perlu adanya kesadaran bagi setiap kepribadian guru untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan bebas dari kekerasan terhadap anak didik. Namun pada kenyataannya banyak sekolah atau lembaga yang masih menggunakan kekerasan psikis yang tentunya akan mengakibatkan kurangnya semangat belajar anak dan akan timbul sikap trauma.
Ada dua permasalahan pokok dalam penelitian ini, pertama tentang ada tidaknya pengaruh kultur sekolah terhadap penumbuhan daya kreatifitas anak di MTs Darul Iman Omben Sampang. Kedua, seberapa besar pengaruh kultur sekolah terhadap penumbuhan daya kreatifitas anak di MTs Darul Iman Omben Sampang.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisi statistic yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variable yang satu dengan variable yang lain. Dengan hal ini mencari hubungan anatar kultur sekolah dengan penumbuhan daya kreatifitas anak.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs Darul Iman Omben Sampang yang erjumlah 50 orang dengan rincian kelas I 15 orang, kelas II 19 orang, dan kelas III 16 orang. Instrument yang digunakan adalah angket sedangkat wawanca, observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang pengumpulan data mulai tanggal 18 April sampai tanggal 15 Mei 2011. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa statistic dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kultur sekolah terhadap penumbuhan daya kreatifitas anak di MTs Darul Iman Omben Sampang, dan pengaruhnya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistic yang menunjukkan bahwa “r” kerja (0,649) lebih besar dari harga kritik product moment. Baik dalam interval kepercayaan 95% (0,297) maupun dalam interval kepercayaan 99% (0.361) sedangkan “r” kerja ketika dikonsultasikan dengan table interpretasi korelasi, berada pada bentangan 0,600 sampai dengan 0,800 dengan nilai intrepatasi cukup.
Tidak tersedia versi lain