Text
APLIKASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA. AL-ISLAMIYAH SUMBER BATU BLUMBUNGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nama: Moh. Saheri, 2010. Aplikasi Metode Cooperative learning dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan Skripsi. Pembimbing Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun, AR., M. Ag. Tahun: 2010. Kata Kunci: aplikasi metode cooperative learning.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokokdalam penelitian ini, Pertama, bagaimana aplikasi metode cooperative learning dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, kedua, apa faktor pendukug dan kendala aplikasi metode cooperative learning dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, ketiga, upaya apa yang dilakukan untuk menanggulangi kendala aplikasi metode cooperative learning dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Grounded Theory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, Wawancara, observasi, Dokumentasi.penelitian berlangsung selama 39 hari, terhitung mulai tanggal 05 April sampai 17 Mei 2010. Keabsahan data dengan menggunakan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitif diskriptif analisis data dan penarika kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dari aplikasi metode cooperative learning dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan belum sepenuhnya sesuai dengan harapan guru. Faktor pendukung dari aplikasi metode cooperative learning adalah karna MA Al-Islamiyah I berada dibawah naungan Pondok Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal mulai dari tingkat RA, MI, MTs, dan MA pagi dan Madrasah Diniyah (MD) dari tingkat MI sampai MTs, selain itu juga menyelenggarakan pendidikan non formal yakni: pengajian kitab-kitab fiqih dan bahtsul masail, sedangkan kendalanya adalah kurangnya tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru untuk menanggulangi kendala dalam aplikasi metode cooperative learning dalam pembelajaran fiqih di MA. Al-Islamiyah I, yaitu guru mengikuti pelatihan tentang penggunaan metode pembelajaran, guru juga membaca buku tentang metode pembelajaran guna meningkatkan kemampuan guru dalam aplikasi metode cooperative learning, serta guru juga mengawasi siswa secara terus-menerus selama proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian, maka aplikasi metode cooperative learning dalam pembelajaran fiqih perlu ditingkatkan, agar motivasi belajar siswa semakin meningkat. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara; meningkatkan SDM.
Tidak tersedia versi lain