Text
Upaya Peningkatan Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, STAIN Pamekasan di Pamekasan
ABSTRAK
Ahmad Fawaid, 2011, Upaya Peningkatan Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, STAIN Pamekasan di Pamekasan, Pembimbing: Drs. Moh. Mashur Abadi, M.Fil.I
Kata Kunci : Peningkatan, Trapi Spiritual Islam, Pandangan Islam
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, faktor yang menyebabkan Peningkatan Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Pamekasan. Kedua, Upaya Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Pamekasan.
Lokasi penelitian diambil di Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang berbentuk deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan atau subjek adalah kyai, ketua pondok, dan semua ustadz serta santri Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dimana untuk mendukung dan memperkuat hasil temuan yang dilakukan cek keabsahan data melalui keikutsertaan (berbaur dengan santri), ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian secara terperinci.
Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan Peningkatan Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadhlus Sholihin Laden Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan ditimbulkan dari internal diri pribadi santri dan kecakapan sosial. Kecakapan pribadi, yaitu faktor yang ditimbulkan dari diri seseorang santri yang didorong dengan adanya kesadaran diri, keinginan, dan motivasi. Kedua, adanya kecakapan sosial yaitu faktor yang didorong oleh interaksi sosial santri serta program-program kegiatan dan aturan yang ada di lingkungan pondok pesantren. Faktor tersebut merupakan media untuk memberikan konstribusi dan penentu yang dapat membentuk karakter jiwa santri sebagai tanda terapi spiritual Islam, seperti berkepribadian muslim, taat dalam beribadah, sopan santun, dermawan, kepercayaan yang tinggi, optimisme, serta terbentuknya tali ukhuwah islamiyah yang tinggi antara santri dan lingkungan sosial yang merupakan karakteristik dari terapi spiritual Islam.
Teradapat beberapa Upaya dan kegiatan yang dilakukan oleh pihak pesantren (pengasuh, ketua pondok, dan ustad) dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin antara lain dengan melakukan latihan spiritual Islam, seprti pembacaan Al-Qur'an bersama-sama, sholat berjamaah, bersholawat bersama-sama, bangun malam, sholat dhuha serta bergaul dengan orang yang baik dan sholeh, berpuasa sunah pada hari Senin dan Kamis, dan memperbanyak dzikir di setiap keadaan. Adapun peningkatan Pendidikan Agama Islam yang dihasilkan Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin antara lain diimplementasikan dengan perilaku santri yang memiliki responsibilitas tinggi dan baik, aktif serta semangat dalam mengikuti semua kegiatan yang diadakan oleh pengasuh, ketua pondok beserta semua jajaran ustadz Pondok Pesantren Riadlus Sholihin seperti yang telah diuraikan di atas.
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa peningkatan meningkatkan Pendidikan Agama Islam Melalui Terapi Spiritual Islam di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin cukup baik sebagai dampak dari pengaruh adanya upaya dari pengasuh, ketua pondok, semua ustadz di Pondok Pesantren Riadlus Sholihin Laden Kabupaten Pamekasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pengasuh, ketua pondok, semuan ustadz di Pondok Pesantren Riadlus Sholihin Laden Kabupaten Pamekasan agar tetap menjaga dan meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin dalam setiap waktunya yang berkaitan dengan segala aspek kehidupan secara optimal, terutama jika dihadapkan kepada dinamika (kegiatan dan keadaan) perkembangan zaman yang semakin kompleks dengan berbagai macam aneka persoalan sekarang yang dapat merusak terhadap tatanan pola fikir dan psikis seseorang seperti halnya, resah, gelisah, marah, serta bersifat tercela. Karenanya diperlukan seperangkat terapi spiritual secara kualitas dengan menggunakan beberapa pendekatan yang tepat dengan keadaan pola fikir dan psikis santri sehingga upaya dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan benar-benar akurat dan bermanfaat terhadap peningkatan pendidikan agama islam santri itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain