Text
Pengaruh Kinerja Guru terhadap Ketuntasan Belajar Siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Achmad Bulla, 2011, Pengaruh Kinerja Guru terhadap Ketuntasan Belajar Siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Prof. Dr. H. Sunardji Dhari Tiam, M.Pd
Kata Kunci: Kinerja Guru, Ketuntasan Belajar Siswa
Peranan guru di sekolah ditentukan oleh kedudukannya sebagai orang dewasa, sebagai pengajar dan pendidik dan sebagai pegawai. Yang paling utama ialah kedudukannya sebagai pengajar dan pendidik, yakni sebagai guru. Berdasarkan kedudukannya sebagai guru harus menunjukkan kelakuan yang layak bagi guru menurut harapan masyarakat. Apa yang dituntut dari guru dalam aspek etis, intelektual dan sosial lebih tinggi daripada yang dituntut dari orang dewasa lainnya. Oleh karena itu, kinerja guru di lembaga pendidikan merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang ada tidaknya pengaruh kinerja guru terhadap ketuntasan belajar siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan, kedua, seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap ketuntasan belajar siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan.
Tujuan penelitian ini ada dua macam, pertama untuk mengetahui tentang pengaruh kinerja guru terhadap ketuntasan belajar siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan, kedua untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap ketuntasan belajar siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan.
Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII di MA Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 130 siswa, mengambil sampel 25 % dari jumlah populasi yang ada menjadi (33 siswa), ditentukan dengan menggunakan teknik sampel berstrata, proporsi dan undian atau disebut juga dengan stratified proporsional random sampling, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 25 hari, mulai tanggal 02 Mei sampai 26 Mei 2011. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kinerja guru terhadap ketuntasan belajar siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan. Dan tingkat pengaruh kinerja guru terhadap ketuntasan belajar siswa di MA. Nurul Ulum Teja Barat Pamekasan Tahun Pelajaran 2010/2011 termasuk kategori sangat rendah.
Tidak tersedia versi lain