Text
Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep Tahun Pelajaran 2009/2010
ABSTRAK
Nama: Syamsuri. Judul: Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pembimbing: Jamal Abd. Nasir, Lc Tahun 2010. Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, prestasi belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua macam, pertama, tentang ada tidaknya pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep tahun pelajaran 2009/2010, kedua, seberapa besar pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian ini adalah siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 216. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah 20% dari populasi yang ada (45 siswa), ditentukan dengan menggunakan stratified proportional random sampeling. Instrumen utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, sedangkan instrumen penunjang adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep Tahun pelajaran 2009/2010 dengan kategori cukup. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep semakin meningkat dengan adanya kecerdasan interpersonal yang dimiliki para siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa r-kerja (0,584) lebih besar dari harga kritik product moment, baik pada taraf signifikan 95% (0.294) maupun pada taraf signifikan 99% (0.380). dan r-kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada interval 0,400 sampai dengan 0,600 dengan nilai agak rendah.
Berdasarkan hasil penelitian, kecerdasan interpersonal pada siswa MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep perlu ditingkatkan oleh para guru di sekolah, agar prestasi belajar siswa semakin meningkat. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memberikan tugas belajar di luar jam sekolah, karena hal tersebut akan membantu siswa untuk belajar dan terus belajar di luar sekolah atau di rumah. Tugas yang diberikan oleh guru kepada setiap siswa untuk diselesaikan di rumah akan membantu siswa untuk selalu belajar dan apabila perlu lakukan pengelompokan belajar di rumah.
Tidak tersedia versi lain