Text
Upaya Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Pasca Dibangunnya Jembatan Suramadu (Studi Kasus Di Lembaga Pendidikan Formal di Yayasan Al-Hafidz Kramat Tlanakan Pamekasan). Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Abd Wahid, 2011, Upaya Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Pasca Dibangunnya Jembatan Suramadu (Studi Kasus Di Lembaga Pendidikan Formal di Yayasan Al-Hafidz Kramat Tlanakan Pamekasan). Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Drs. H. M. Rasyid Ridla, M.Ag
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan, Suramadu
Dalam dunia globalisasi ini perlu adanya renovasi lembaga pendidikan Islam yang mana semakin maraknya perkembangan teknologi masuk ke dunia pendidikan lebih-lebih pasca dibangunnya jembatan suramadu, oleh karena lembaga pendidikan Islam perlu sekali berupaya bagaimana mutu pendidikannya lebih ditingkatkan karena itu mutlak diperlukan, karena dalam dunia pendidikan hal-hal yang ada sangkut pautnya dalam pendidikan, jika tidak terpenuhi maka salah satu tujuan pendidikan tidak akan mungkin pernah di capai.
Dalam penelitian ini ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian utama, yaitu: 1) Hambatan lembaga pendidikan Islam dalam peningkatan mutu pendidikan pasca dibangunnya jembatan Suramadu di lembaga pendidikan Islam yayasan Al-Hafidz Kramat Tlanakan Pamekasan, 2) Upaya-upaya pendidikan Islam dalam peningkatan mutu pendidikan pasca dibangunnya jembatan Suramadu di lembaga pendidikan Islam yayasan Al-Hafidz Kramat Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, yaitu 1) Hambatan apa saja yang dialami lembaga pendidikan Islam dalam peningkatan mutu pendidikan pasca dibangunnya jembatan Suramadu di lembaga pendidikan Islam yayasan Al-Hafidz Kramat Tlanakan Pamekasan, 2) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan pendidikan Islam dalam peningkatan mutu pendidikan pasca dibangunnya jembatan Suramadu di lembaga pendidikan Islam yayasan Al-Hafidz Kramat Tlanakan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data utama penelitian ini adalah guru sedangkan data pendukung adalah siswa dan masyarakat. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan penelitian, triangulasi dan Pengecekan subjek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pesantren dalam peningkatan mutu pendidikan Islam pasca dibangunnya jembatan suramadu telah dilaksanakan seoptimal mungkin sehingga dapat membantu pendidikan peserta didik seperti halnya diadakan ektra kurikuler baik bidang bahasa dan bidang Informasi dan Teknologi.
Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa pendidikan lebih seperi bahasa dan Informasi, Teknologi sangat diperlukan sebagai upaya penciptaan anak didik yang berkualitas pasca dibangunnya jembatan suramadu ini, sehingga dapat meningkatkan mutu lembaga pendidikan di mata masyarakat sekitarnya.
Tidak tersedia versi lain