Urgensi Pembinaan Kualitas Guru melalui Inservice Training terhadap Peningkatan Mutu RA. Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Abdul Mu’in, 2010, Urgensi Pembinaan Kualitas Guru melalui Inservice Training terhadap Peningkatan Mutu RA. Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: H. Mohammad Hasan, M.Ag
Kata Kunci : Pembinaan Kualitas Guru, Peningkatan Mutu
Dalam penelitian ini yang menjadi kajian utama yaitu: Pertama, Adakah pembinaan kualitas guru melalui inservice education terhadap peningkatan mutu RA. Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan? Kedua, Seberapa besar pembinaan kualitas guru melalui inservice education terhadap peningkatan mutu RA. Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah guru RA. Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 10 guru. Hal ini penelitian menggunakan jenis populasi karena jumlah respondennya sedikit. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pembinaan kualitas guru melalui inservice education terhadap peningkatan mutu RA. Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Hal ini dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari pada harga kritik “r” product moment, baik pada taraf signifikansi 95%, maupun pada taraf signifikansi 99%. Hasil “r” hitung adalah 0,884, sedangkan harga kritik “r” product moment dengan N sebanyak 10 responden pada taraf signifikansi 95% = 0,632, sedangkan pada taraf signifikansi 99% = 0,765. Sedangkan korelasi pembinaan kualitas guru melalui inservice education terhadap peningkatan mutu adalah tinggi. Hal ini yang diketahui setelah “r” hitung dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”. Diketahui bahwa hasil “r” hitung adalah 0,884. Bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”, maka nilai hasil tersebut bergerak antara 0,800 sampai dengan 1,000 dengan interpretasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain