Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
A B S T R A K
Siti Hairiyah, 2011, Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Buna’i, S.Ag, M.Pd
Kata Kunci : Model, Pembelajaran Langsung, Pendidikan Agama Islam.
Fokus penelitian ini adalah; Pertama, bagaimana model pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep? Kedua, bagaimana hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep? Ketiga, bagaimana hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung dalam pendidikan agama Islam di MTs. Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan analisis data diskriptif, yaitu menggambarkan atau menguraikan suatu hal menurut apa adanya Sedangkan pada pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan : Pertama Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep adalah menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung tersebut dilakukan dengan jalan pemindahan pengetahuan dari guru kepada murid secara langsung, seperti melalui ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab yang melibatkan seluruh kelas. Kedua, hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep adalah minimnya fasilitas atau sarana dan prasarana seperti sedikitnya gedung sekolah dan kurangnya buku ajar. Ketiga, hasil belajar siswa setelah penerapan Model Pembelajaran langsung dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep adalah cukup bagus (antara guru dan siswa sama-sama aktif) hal ini dapat dilihat dengan adanya hubungan interaksi yang baik antara siswa dengan guru dan antara siswa dengan siswa yang lain. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan melihat perolehan nilai siswa dalam bentuk raport sebagaimana dokumentasi terlampir, yang mana nilai masing-masing siswa rata-rata 7 keatas.
Tidak tersedia versi lain