Text
Pola Rekrutmen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep, Program Pendidikan Studi Agama Islam, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Saiful 2010, Pola Rekrutmen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep, Program Pendidikan Studi Agama Islam, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Mulyadi, SS.,M.Pd.
Penerimaan CPNS dalam dunia pendidikan perlu melihat kemampuan profesionalisme dan kemampuan yang sesuai dengan fak calon guru demi meningkatkan mutu pendidikan, sehingga pendidikan yang ada dapat mencapai tujuan pendidikan secara utuh sebagaimana yang tertuang dalam UUD 45, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui otonomi daerah dan otonomi pendidikan pemerintah daerah (pemda) memiliki kewenangan yang sangat besar bagi penentuan kualitas guru dan dapat memberikan perhatian lebih terhadap profesi guru serta menjadi lebih dekat pada sasaran dalam peningkatan kualitas pendidikan bangsa, sehingga dapat mewujudkan guru yang berkompeten dan efektif.
Dalam lembaga pendidikan swasta yang kewenangan pendidikan berada di tangan suatu organisasi swasta atau yayasan, sudah menjadi suatu kebiasaan dalam penerimaan calon guru tidak di ukur dari kemampuan, keahlian dan profesiaonalisme calon guru, melainkan mengukur pada kedekatan hubungan antara calon guru dengan pihak pengelola, sehingga mutu pendidikan belum maksimal dicapai
Ada tiga permasalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Pola rekrutmen guru di Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep, kedua, Persyaratan dalam penerimaan calon guru di Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep, ketiga, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep
Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu kegiatan penelitian yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui, wawancara, Observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah yang ditempuh dalam analisis data selama pengumpulan data, yaitu cheking, pengorganisasian data dan klasifikasi data.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pola Rekrutmen Guru di Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep dilakukan tanpa sebuah seleksi/tes khusus seperti yang dilakukan pemerintah untuk sekolah-sekolah negeri. Hal tersebut dilakukan karena melihat kondisi lembaga dan Yayasan berhubungan dengan dana. Syarat Penerimaan Guru Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep hanya terbatas pada bahwa seorang guru merupakan panutan dan contoh bagi muridnya, selebihnya syarat dalam penerimaan guru adalah standar pendidikan dan riwayat hidup yang dibuktikan dengan foto copy ijazah. Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep selain rekrutmen guru juga penuhan sarana dan prasara yang ada di Madrasah Aliyah Sumber Payung dilakukan secara bertahap.
Tidak tersedia versi lain