Text
Keefektifan Pujian dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Nurul Qomariyah, 2011, Keefektifan Pujian dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. H. Moh. Kosim, M.Ag.
Kata Kunci : Pujian, Motivasi Belajar.
Dalam kegiatan belajar mengajar, pujian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat motivasi. pujian juga dapat berfungsi untuk mengarahkan kegiatan anak didik pada hal-hal yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Maka dari itu guru perlu memberikan pujian kepada siswa disaat siswa mampu atau dapat menyelesaikan pekerjaan/tugas dengan baik. Namun pujian itu harus diberikan secara tepat oleh guru, karena hal itu bisa membangkitkan motivasi belajar siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yang pertama : tentang ada tidaknya keefektifan pujian dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, yang kedua, tentang seberapa besar keefektifan pujian dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistik yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain, dalam hal ini adalah mencari hubungan antara pujian dan motivasi belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep yang berjumlah 59 orang, dengan rincian kelas I sebanyak 16 siswa, kelas II sebanyak 30 siswa dan kelas III sebanyak 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket sedangkan wawancara dan dokumentasi adalah sebagai instrument penunjang. Pengumpulan data dilakukan mulai tanggal 02 Januari s.d 09 Februari 2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pujian cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Dan kemudian untuk mengetahui seberapa besar keefektifan pujian dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Mambaul Ulum Gapura Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, yaitu sebesar 0,438. Hal ini apabila dikorelasikan dengan “r” tabel. Maka nilai 0,438 ada di antara 0,400 – 0,700, dengan interpretasi cukup atau sedang.
Untuk guru sebagai pendidik hendaknya benar-benar mengupayakan untuk dapat memberikan pujian secara tepat kepada siswa. Untuk kepala sekolah sebagai pengelola madrasah hendaknya bisa menilai dengan baik terhadap guru yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk siswa-siswi hendaknya menjadikan pujian sebagai motivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar, sehingga bisa mencapai prestasi yang baik.
Tidak tersedia versi lain