Text
Persepsi Masyarakat Pesisir Terhadap Pendidikan Keagamaan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Siti Nurhayati, 2010, Persepsi Masyarakat Pesisir Terhadap Pendidikan Keagamaan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Fatekhul Mujib, S.Ag. M.Si.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat Pesisir, Pendidikan Keagamaan Siswa
Realita yang nampak kepermukaan masyarakat Pesisir Camplong berupaya dalam memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan keagamaan, bahkan masyarakat Pesisir menganggap bahwa dunia pendidikan keagamaan bisa merubah nasib seseorang. Namun terbukti dengan banyaknya anak masuk ke lembaga pendidikan keagamaan, kasadaran masyarakat Pesisir Camplong dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan optimal yang berimplikasi dengan meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat Pesisir Camplong terhadap ilmu pengetahuan dan semakin respeknya masyarakat terhadap lembaga pendidikan keagamaan.
Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, bagaimana persepsi masyarakat pesisir terhadap pendidikan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang?. Kedua, bagaimana karakteristik dan budaya masyarakat pesisir terhadap pendidikan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Tujuan penelitian dapat mendeskripsikan persepsi masyarakat pesisir terhadap pendidikan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Mendeskripsikan karakteristik dan budaya masyarakat pesisir terhadap pendidikan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Penelitian ini lokasi Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif, kemudian seluruh data yang didapat dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat pesisir terhadap pendidikan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang adalah berdampak positif terbukti dengan banyaknya anak masuk ke lembaga pendidikan keagamaan. Indikator kasadaran masyarakat Camplong dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan optimal yang berimplikasi dengan meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan semakin respeknya masyarakat terhadap lembaga pendidikan keagamaan. Karakteristik dan budaya masyarakat pesisir terhadap pendidikan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syariatut Tullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang adalah cukup mudah dalam beradaptasi dengan masyarakat lainnya dan mewujudkan tali silatur rohmi. Sedangkan kualitas budaya sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan keagamaan, maka sebagai konsekuensi positif yang ditimbulkan semakin maraknya ragam seni dan budaya masyarakat sesuai dengan tuntunan agama.
Tidak tersedia versi lain