Text
Urgensi Manajemen Belajar Siswa Dalam Pengembangan Intelektual di MTs Al-Amien II Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep. Skripsi, jurusan tarbiyah, program studi PAI, STAIN Pamekasan. Pembimbing
ABSTRAK
Lailur Rahman, 2010, Urgensi Manajemen Belajar Siswa Dalam Pengembangan Intelektual di MTs Al-Amien II Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep. Skripsi, jurusan tarbiyah, program studi PAI, STAIN Pamekasan. Pembimbing I : Mulyadi, SS, M, Pd. Kata Kunci : Ugensi Manajemen Belajar Siswa dalam Pengembangan Intelektual.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama tentang bagaimana urgensi manajemen belajar siswa dalam pengembangan intelektual dan kedua apa faktor yang mendukung manajemen belajar siswa dalam pengembangan intelektual di MTs Al-Amien II Prenduan Kabupaten Sumenep.
Adapun tujuan pokok yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana urgensi manajemen belajar siswa dalam pengembangan intelektual, dan untuk mengetahui faktor pendukung manajemen belajar siswa dalam pengembangan intelektual.
Dalam penelitian ini, lokasi yang diambil adalah MTs Al-Amien II Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep dengan pendekatan kualitatif. Untuk orientasi teoritik dari pendekatan ini berpijak pada fenomenologi yang ada. Mengenai sumber data dalam penelitian ini adalah manusia dan non manusia. Sumber data manusia adalah kepala sekolah, guru, orang tua, siswa dan masyarakat. Untuk pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang telah di dapat diolah dan dianalisis secara non statistik melalui teknik analisa data taksonomi. Berdasarkan analisis data di peroleh data sebagai berikut : 1) untuk urgensi manajemen belajar siswa dalam pengembangan intelektual, adanya peranan kepala sekolah beserta staf mengajar dengan berbagai program kegiatan pembelajaran yang tersusun dan diatur sebaik mungkin, peningkatan kedisiplinan siswa, penggunaan waktu yang baik, strategi belajar mengajar yang tepat, fasilitas yang memadai, metode yang tepat dan di tambah dengan disiplin ilmu yang lain. 2) faktor-faktor yang mendukung manajemen belajar siswa dalam pengembangan intelektual ada dua faktor, yaitu faktor intern dalam diri siswa dan faktor ekstern dari luar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, maka urgensi manajemen belajar dalam pengembangan intelektual sangat penting sekali dan perlu ditingkatkan dan perlu adanya peran serta seorang guru, orang tua dan juga masyarakat dengan berbagai program kegiatan belajar mengajar yang memadai beserta lingkungan yang baik sehingga dapat mempengaruhi ataupun memotivasi gairah belajar siswa dalam pengembangan intelektualnya. Disamping itu kesadaran dari para siswa itu sendiri sebagai pelajar dengan bersungguh-sungguh melaksanakan semua program kegiatan belajar dan di dukung dengan prasarana dan fasilitas belajar yang ada.
Tidak tersedia versi lain