Text
Mutu pendidikan pada SMK Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Proogram Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Khoiriyah, 2010. Mutu pendidikan pada SMK Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Proogram Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Buna’i, S.Ag, M.Pd.
Kata Kunci : Mutu Pendidikan
Dalam penelitian mutu pendidikan pada SMK Al-Falah Dempo Barata Pasean Pamekasanada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini pertama, mutu input pendidikan pada SMK Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan. Kedua, mutu proses pendidikan pada SMK Al-Falah Dempo Barat Pasean pamekasan. Ketiga, mutu output pendidikan pada SMK Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif sumber data diperoleh oleh kepala sekolah, guru, murid, dan dokumen dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamata, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mutu input di SMK Al-Falah benar-benar bermutu karena adanya tenaga pengajar yang profesional dibidangnya masing-masing, sebelum mereka diangkat menjadi guru di SMK tersebut, pihak sekolah mengadakan selrksi terhadap para pelamar yang mana pihak sekolah telah menentukan kriteria-kriteria tertentu selain itu piahak sekolah juga telah menentukan jurusannya jika jurusan yang diajukan tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah maka pihak sekolah menolaknya, sedangkan mengenai siswa yang ada di SMK Al-Falah mereka tergolong sebagai siswa yang berprestasi karena sebelum menjadi siswa di sekolah tersebut merekla harus lulus tes yang diadakan oleh sekolah, sedangkan input yang berhubungan denagan kurikulum terbilang sangat baik karena pihak sekolah mengimbanginya antara kurikulum pihak sekolah dengan kurikulum muatan lokal, (2) proses pendidikan di SMK Al-Falah terbilang sangat membanggakan hal ini karena adanya semanagat yang tinggi dan keuletan dari para guru yang mengiginkan anak didiknya dengan sungguh-sungguh, dari sekian para guru yang ada di SMK tersebut mereka telah mempersiapkan RPP setiap kali masuk kelas ini dimaksudkan agar ia benar-benar memahami dari tujuan materi yang akan ia sampaikan selain itu juga ada penyetoran RPP triwulanan yang disetor kepada bagian kurikulum, tidak hanya denagan RPP saja tapi juga dengan penggunaan metode dan media yang tersedia, (3) output pendidikan di SMK Al=Falah sangat bermutu, hal ini dapat dilihat dari prestasi siswa-siswi yang ada di SMK tersebut adapun hasil evaluasi hasil siswa-siswi SMK Al-Falah sangat memuaskan sekali, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa-siswi SMK Al-Falah karena nilai dari tiap-tiap pelajaran sebagian dari mereka diantaranya 7,20, 7,25, 7,50 nilai tersebut merupakan anka diatas rata-rata, selain itu output yang sudah lulus dari SMK Al-Falah bisa melanjutkan studinya di berbagai perguruan tinggi ternama yaitu ITS sedangtkan output yang tidak bisa melanjutkan studinya sebagian dari mereka telah memanfaatkan keahliannya dengan salah satunya dengan usaha mandiri dalam bentuk bengkel, usaha tersebut didirikan oleh alumni lulusan SMK AL-Falah tahun 2007.
Tidak tersedia versi lain