Text
Strategi Guru Dalam Mengembangkan Organisasi Pendidikan di SDN Tanjung I Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Faisol Arif 2010, Strategi Guru Dalam Mengembangkan Organisasi Pendidikan di SDN Tanjung I Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing. Drs. H. Djamaluddin.
Kata kunci : Strategi Guru, dan Organisasi Kependidikan.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana perkembangan organisasi pendidikan di SDN Tanjung I Kecamatan Pegantenan (2) Strategi apa saja yang dilakukan guru SDN Tanjung I Kecamatan Pegantenan dalam mengembangkan organisasi pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Untuk mengetahui perkembangan organisasi pendidikan di SDN Tanjung I Kecamatan Pegantenan. (2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru SDN Tanjung I kecamatan Pegantenan dalam mengembangkan organisasi pendidikan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan, pengelompokan, dan pelaksanaan. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perkembangan Organisasi Pendidikan Di SDN Tanjung I Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, walaupun ada beberapa kendala tapi masih bisa dilaksanakan sesuai dengan penjadwalan, sekalipun pertama hanya sedikit yang ikut namun setelah diberi penjelasan pada wali murid maka banyak yang ikut bahkan kegiatan ini termasuk kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas I sampai kelas VI. Di samping itu ada kegiatan lain khusus guru yakni kegiatan KKG, dan kegiatan pertemuan semua guru dengan wali murid yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, semua keorganisasian ini dilaksanakan demi terciptanya pendidikan yang berkualitas bagi siswa, melalui kerja sama dalam keorganisasian yang terbentuk di SDN Tanjung 1 Pegantenan (2) Strategi Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Mengembangkan Organisasi Pendidikan Di SDN Tanjung I Kecamatan Kabupaten Pamekasan, banyak cara (multi pola) yang dilakukan yakni dengan mengadakan pendekatan-pendekatan yakni pendekatan terhadap para siswa untuk aktif dengan cara memberikan sanksi bagi yang tidak hadir, mengadakan pendekatan pada wali murid dengan mengadakan pertemuan rutin dan memberikan penjelasan pada wali murid, melibatkan langsung tokoh masyarakat dan wali murid dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan.
Tidak tersedia versi lain