Text
Penerapan PAKEM dalam Pembelajaran PAI di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Muhammad Hosen, 2011, Penerapan PAKEM dalam Pembelajaran PAI di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah HAR. M. Ag
Kata Kunci: PAKEM, Pendidikan Agama Islam
Ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, penggunaan strategi pembelajaran berbasis PAKEM dalam Pendidikan Agama Islam di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, kedua, respon siswa terhadap penerapan PAKEM dalam Pendidikan Agama Islam di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, ketiga, Permasalahan apa saja yang menghambat penerapan PAKEM dalam Pendidikan Agama Islam di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, keempat, upaya mengatasi permasalahan penerapan PAKEM dalam Pendidikan Agama Islam di MA Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis pengecekan, pengelompokkan, dan pemberian kode kemudian seluruh data yang didapat dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pengecekan anggota dan uraian rinci. Adapun informan data dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, pendidik dan peserta didik.
Hasil pengamatan dan catatan lapangan yang dilakukan peneliti di lokasi penelitian, dapat dikemukakan bahwa: pertama, penggunaan strategi pembelajaran berbasis PAKEM dalam Pendidikan Agama Islam di MA Nasyrul Ulum tidak jauh berbeda dengan lembaga lain yang menggunakan PAKEM, walaupun sekolah ini sekolah swasta. Kedua, dalam penerapan metode PAKEM proses pembelajaran terpusat pada siswa. Keberadaan guru hanya sebagai fasilitator dalam berjalannya proses pembelajaran. Ketiga, penggunaan metode PAKEM mendapat respon positif dari mayoritas siswa yang menempuh pendidikan pada lembaga ini. Penerapan PAKEM sudah terlaksana hal ini dapat dilihat dari variasi mengajar yang dilakukan pendidik, seperti halnya penggunaan RPP dalam proses belajar-mengajar, dan adanya kalender pendidikan. Dalam penerapan metode PAKEM di MA Nasyrul Ulum ditemukan berbagai macam permasalahan yang meliputi kurang tersedianya sarana dan prasarana dan kurangnya pemahaman dari pendidik terhadap konsep PAKEM. Keempat, kepala sekolah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menambah atau mengadakan sarana atau prasarana yang dirasa kurang dan sangat mendesak untuk dihadirkan sesuai dengan anggaran dana yang dimiliki oleh lembaga. Mengikut sertakan pendidik dalam diklat atau seminar tentang pendidikan terutama masalah PAKEM, merupakan cara untuk menyelesaikan permasalahan tentang kurangnya pemahaman pendidik terhadap konsep PAKEM
Tidak tersedia versi lain