Text
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Spiritual Teaching Di MAN Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI
ABSTRAK
Habiyatun, 2011, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Spiritual Teaching Di MAN Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Pembimbing: Siswanto, M. Pd. I.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Spiritual Teaching.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Pamekasan, kedua, Upaya apa saja yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui spiritual teaching di MAN Pamekasan, ketiga, Faktor apa saja yang menjadi kendala guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui spiritual teaching di MAN Pamekasan.
Penelitian ini di lakukan melalui pendekatan kualitatif, data yang akan di analisis adalah transkip wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan tahapan analisis, pertama, Reduksi data (Reduction Data) , Kedua, Penyajian Data (Data Display), Ketiga, Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan (Verification and Conclusion Drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Pamekasan di katakan "cukup baik", kedua, ada lima upaya yang di lakukan guru MAN Pamekasan yaitu: 1) pengenalan tujuan materi, 2) penerapan variasi metode mengajar, 3) proses pembelajaran diluar kelas, 4) peningkatan pengamalan ketakwaan anak didik, 5) Guru harus menjadi advokasi bagi siswa. ketiga ada beberapa faktor yang menghambat optimalisasi peningkatan motivasi belajar siswa melalui spiritual teaching: 1) keterbatasan waktu yang dimilki guru dalam menerapkan spiritual teaching 2) ketidaksamaan kemampuan yang dimiliki siswa dan dapat menyulitkan penerapan spiritual teaching 3) kurangnya kerjasama dari berbagai pihak dan guru serta kurangnya kesadaran yang dimiliki siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam perlu semakin di tingkatkan agar semangat belajar siswa lebih termotivasi, sehingga mencapai tujuan yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain