Text
Peningkatan Potensi Siswa Melalui Program Remedial di SMP Ma’arif 1 Desa Terrak Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Abd Wahab, 2011, Peningkatan Potensi Siswa Melalui Program Remedial di SMP Ma’arif 1 Desa Terrak Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Drs. Abd Mukhid, M.Pd
Kata kunci : Potensi siswa dan Remedial
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana cara peningkatan potensi siswa melalui program remedial di sekolah SMP Ma’arif 1 Desa Terak Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan? (2) Bagaimana peningkatkan potensi siswa melaui program remedial di SMP Ma’arif 1 Desa Terak Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Untuk mengetahui cara peningkatan potensi siswa melalui program remedial di sekolah SMP Ma’arif 1 Desa Terak Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan (2) Untuk mengetahui peningkatkan potensi siswa melaui program remedial di SMP Ma’arif 1 Desa Terak Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, siswa,, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah ceking,organising, coding, sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan Uraian rinci
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cara peningkatan potensi siswa melalui program remedial di sekolah SMP Ma’arif 1 Desa Terak Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan melalui dengan pengembangan proses pembelajaran (perencanaan, penguasaan materi, evaluasi) dengan melihat kemampuan dan menumbuhkan suasana belajar yang meria. Sehingga pada pelaksanaannya dapat membawa siswa pada gairah belajar yang tinggi karena siswa menganggap bahwa dalam belajar siswa mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Hal ini merupakan suatu tanggung jawab yang perlu dilaksanakan dan dituntaskan oleh seorang guru karena peningkatan potensi siswa bermula dari senangnya siswa pada proses belajar mengajar. (2) Peningkatan potensi siswa melalui program remedial di SMP Ma’arif 1 Desa Terak Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan dilakukan dengan serius dan maksimal terbukti. Pertama terbukti guru-guru semaksimal mungkin untuk merencanakan pelaksanaan tugasnya dengan baik dan melaksanakan pembelajaran seperti IPA dan memberikan tingkat belajar yang fokus pada siswa serta mempersiapkan segalanya dengan matang untuk disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, kedua adalah mengadakan pengamatan terhadap proses pembelajaran dan ketiga mengadakan bentuk evaluasi dengan dua kali siklus, dengan ketentuan siswa pada tes formatif pertama tidak sampai maka harus mengikuti tes formatif kedua sehingga nilai yang dicapai keatas 70
Tidak tersedia versi lain