Text
Pengembangan Kurikulum IPS
Abstrak Informatif
Buku berjudul pengulangan kurikulum IPS ini merupakan salah satu rujukan bagi pembaca yang ingin menambah wawasan tentang pengembangan kurikulum khususnya kurikulum IPS . Buku ini tersusun atas 9 bab, Meliputi bab 1 tentang hakikat kurikulum terdiri dari pengertian kurikulum, fungsi dan peranan kurikulum, komponen kurikulum, bab 2 tentang konsep dasar pengembangan kurikulum, bab 3 landasan perkembangan kurikulum baik landasan filosofis, landasan psikologi, landasan sosial budaya, landasan ilmu pengetahuan dan teknologi, bab 4 tentang prinsip pengembangan kurikulum meliputi prinsip relevansi, prinsip kontinuitas, prinsip praktis dan efisien, prinsip efektivitas, bab 5 tentang pendekatan pengembangan kurikulum meliputi pendekatan subjek akademik, pendekatan humanistik, pendekatan teknologis, pendekatan rekonstruksi sosial, bab 6 tentang model-model pengembangan kurikulum meliputi model Roger, model beauchamp, model arich lewy, bab 7 tentang pembelajaran berpihak pada murid meliputi pembelajaran berdasarkan kodrat zaman, dan pembelajaran berdasarkan kodrat alam, bab 8 tentang pembelajaran berdiferensiasi meliputi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar, pembelajaran sosial emosional, dan strategi pembelajaran berdiferensiasi, bab 9 tentang kurikulum merdeka pada SMP sederajat, meliputi komponen kurikulum Merdeka mata pelajaran IPS, elemen dan capaian Pembelajaran mata pelajaran IPS sederajat, karakteristik mata pelajaran IPS, strategi penyusunan modul ajar pada mata pelajaran IPS. dalam setiap bab dalam buku ini disertai dengan latihan soal bahan diskusi maupun daftar rujukan dan diakhiri dengan glosarium yang memudahkan bagi pembaca untuk menemukan istilah serta memahaminya. (NRI)
Tidak tersedia versi lain