Text
Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Butik Shabrina Syari Pamekasan
Kata Kunci: Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
Pada era saat ini, perkembangan usaha begitu pesat. Salah satunya yaitu
usaha di industri fashion muslim dilihat dari semakin banyaknya butik fashion
Muslim, seperti Shabrina Syari. Shabrina Syari adalah salah satu butik di
Pamekasan yang menjual busana syar’i yang berdiri dari tahun 2018. Shabrina
Syari menawarkan busana syar’i yang cocok untuk semua kalangan dan
berkualitas bagus. Melihat testimoni yang diberikan beberapa pelanggan di
Shopee Butik Shabrina Syari, mereka merasa puas dengan pelayanan dan kualitas
produk yang diterima serta bersedia membeli lagi produk. Bahkan, ada pelanggan
yang merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli produk di Butik
Shabrina Syari Pamekasan. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti
tentang apakah pelayanan dan kualitas produk secara simultan maupun parsial
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Butik Shabrina Syari Pamekasan.
Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan dan
kualitas produk secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan di Butik Shabrina Syari Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk jenis
penelitian yang digunakan adalah hubungan kausal dengan metode analisis regresi
linier berganda menggunakan SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini
seluruh pelanggan di Butik Shabrina Syari dan jumlah sampel sebanyak 100
responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket (kuesioner) tertutup dengan
skala likert.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil penelitian yang
menyatakan bahwa (1) Pelayanan dan kualitas produk secara simultan (bersamasama) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Butik Shabrina Syari dengan
tingkat pengaruhnya sebesar 10,3% dan sisanya sebesar 89,7% dipengaruhi oleh
variabel lain di tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan Fhitung ˃
Ftabel yaitu 5,555 ˃ 3,09 dengan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05. (2)
Pelayanan secara parsial (individual) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di
Butik Shabrina Syari dengan nilai thitung ˃ ttabel yaitu 2,411 ˃ 1,98472 dengan nilai
signifikan sebesar 0,018 < 0,05. (3) Kualitas produk secara parsial (individual)
tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Butik Shabrina Syari dengan
nilai thitung < ttabel yaitu 1,823 < 1,98472 dengan nilai signifikan sebesar 0,071 ˃
0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelanggan di Butik Shabrina Syari tidak
menganggap kualitas produk sebagai faktor kepuasan karena mereka lebih melihat
brand daripada kualitas produknya.
Tidak tersedia versi lain