Text
Peran Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Brand Awarenes Pada Mytafash_Up Di Jalan Bonorogo Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Pemasaran. Brand Ambassador, Brand Awareness
Perkembangan zaman yang semakin maju dan serba digital tentunya
memberikan dampak bagi pelaku usaha juga mendapatkan tantangan,
perusahaan harus bertransformasi maraknya trend fashion and hijup menjadi
tantangan bagi brand fashion. Tentunya diperlukan cara untuk membangun
kesadaran merek pada Myafash_Up. Penggunaan Brand Ambassador tentu
menjadi urgensi penelitian ini, karena jaman sekarang perusahaan dituntut
untuk semakin peka pada perkembangan daya tarik konsumen terhadap citra
merek apalagi yang masih newbie. Memiliki citra merek yang kuat di benak
konsuemen sebuah keharusan yang diusahakan untuk membangun reputasi
brand dari Mytafash_Up yang masih baru berkembang.
Penelitian pada tugas akhir ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan sumbernya dari data sekunder
dan data primer yang didapatkan hasil observasi, wawancara, serta
dokumentasi. Wawancara dilakukan secara semi terstruktur, teknis yang
digunakan non participant observation dan dokumentasi sebagai bukti
otentik. Informan dari subjek peneltian ini yaitu pemilik usaha atau owner,
brand ambassador, customer dari Mytafash_Up. Sedangkan, untuk pengecekan
keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan
triangulasi.
Berdasarkan Hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu pengunaan
brand ambassador merupakan salah satu faktor pendukung dalam
membangun brand awareness ataupun kesadaran merek pada suatu
perusahaan. Brand ambassador harus memiliki 4 atribut yaitu kesesuaian,
transparansi, daya Tarik, power, dan kredibilitas. Brand ambassador menjadi
penting karena merupakan jembatan antara masyarakat dan pedukung
perusahaan untuk mengenalkan produk terkhusus local brand dengan kualtas
grade A.
Informan sudah mencapai tingkat pengingat kembali atau brand
recall yang mana penggunaan Brand ambassador pada Mytafash_Up efektif
karena dengan perannya bisa memberikan pengingat kepada cutomer
terhadap produk baru dari awareness masyarakat atas produk. Serta dari
peran brand ambassador yang digunakan Mytafash_Up dapat dikatakan
efektif, dari feedback yang diperoleh dan dirasakan oleh owner dengan
berkembangnya usaha baik dari segi permintaan dan interest pada produk
yang dipasarkan.
Kata Kunci: Brand ambassador, Brand awareness, Pemasaran
Tidak tersedia versi lain