Text
Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Ketahanan Usaha Toko Topten Di Desa Blumbungan
Kata Kunci: Strategi Keunggulan Bersaing, Ketahanan Usaha, Toko Topen.
Persaingan bisnis sekarang menjadi semakin ketat karena semakin banyak
toko-toko baru yang bermuculan. Maka dari itu setiap usaha membutuhkan suatu
strategi yang tepat agar dapat bertahan di tengah maraknya persaingan.
Keunggulan bersaing merupakan suatu keadaan untuk memperoleh keuntungan
rata-rata yang lebih tinggi dari pada pesaing lainnya. Keunggulan bersaing bukan
keunggulan bersaing yang berlaku untuk satu tahun saja, melainkan diusahakan
agar selalu berkesinambungan atau berkelanjutan selama bertahun-tahun. Tujuan
pokok dalam penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana
implementasi strategi keunggulan bersaing toko Topten dalam mempertahankan
usaha. Kedua, untuk mengetahui bagaimana upaya pelaku usaha untuk
mempertahankan kelangsungan bisnis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
jenis penelitian kualitaif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pemilik
toko, dan karyawan toko. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi strategi
keunggulan bersaing yang diterapkan oleh toko Topten untuk mempertahankan
usaha adalah dengan menggunakan beberapa indikator keunggulan kompetitif
seperti harga bersaing, eksplorasi peluang, pertahanan ancaman bersaing,
fleksibilitas, dan hubungan pelanggan. Kedua, Upaya pelaku usaha toko Topten
untuk mempertahankan kelangsungan bisnis yaitu dengan cara menjaga hubungan
baik dengan pelanggan, melihat adanya peluang, mencari solusi yang baik dalam
menyelesaikan masalah, dan terus melakukan perbaikan untuk menghadapi
kegagalan yang tak terduga dikemudian hari
Tidak tersedia versi lain