Text
Dampak Relokasi Pasar Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang Di Kolpajung Pamekasan
Kata Kunci: Pedagang, Relokasi, Sosial Ekonomi.
Relokasi merupakan salah satu dari kebijakan pemerintah yang mencakup
bidang perencanaan tata ruang, peningkatan kesejahteraan ekonomi sosial dan
lainnya. Pemerintah daerah memiliki hak untuk melakukan relokasi pada sektorsektor yang dikuasai pemerintah daerah termasuk fasilitas umum. Dalam
implementasinya relokasi mencakup berbagai bidang termasuk tata ruang kota
maupun dinamika sosial ekonomi. Hal itu juga berdampak pada kondisi sosial
ekonomi para pedagang yang mengalami perbandingan atau perbedaan dari
sebelum direlokasi hingga setelah direlokasi ditinjau dari indikator kondisi sosial
dan ekonomi pedagang.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus
dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana implementasi tujuan relokasi
pasar kolpajung di lapangan Kowel Pamekasan: Kedua, Bagaimana dampak
relokasi terhadap kondisi sosial ekonomi pedagang di pasar kolpajung. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Peneliti menggunakan tiga prosedur pengumpulan data yaitu: wawancara semi
terstruktur, observasi dan dokumentasi. Menghasilkan data deskriptif berupa
ucapan tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama berdasarkan pandangan
pedangan yang berada di tempat relokasi, memberikan pandangan negatif seperti
kurang puas terhadap fasilitas infrastruktur dan menurunnya jumlah pengunjung
pasar setelah relokasi di lapangan Kowel Pamekasan. Sedangkan menurut pembeli
yang berada di sekitar tempat relokasi lebih dominan memberikan pandangan
positif seperti merasa senang karena mudahnya akses untuk berbelanja kebutuhan
sehari-hari. Kedua, setelah adanya relokasi pasar berdampak negatif terhadap
sosial ekonomi itu sendiri seperti menurunnya kenyamanan di area pasar karena
tenda yang disediakan kurang luas sehingga berhimpitan dengan pedagang
lainnya. Selain itu pedagang mengalami penurunan pendapatan dikarenakan
hilangnya pelanggan tetap dan tempat relokasi yang kurang strategis yang
berakibat turunnya omset penjualan
Tidak tersedia versi lain