Text
Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review di E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEBI IAIN Madura
Kata Kunci : Live Streaming, Online Customer Review, E-Commerce, Keputusan
Pembelian
Kemajuan teknologi dan internet secara langsung membuka peluang bisnis
baru, salah satunya adalah e-commerce. E-commerce merupakan transaksi jual
beli melalui internet, dimana kebiasaan konsumen telah bergeser dari pembelian
offline ke online sebagai akibat dari adanya e-commerce. Dalam menentukan
keputusan pembelian di e-commerce, tentunya ada keterbatasan dalam pemenuhan
informasi suatu produk karena tidak dapat menyentuh produk secara langsung,
sehingga diperlukan informasi lain, seperti adanya fitur live streaming dan online
customer review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh live streaming dan online customer review di e-commerce terhadap
keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini yakni 100 responden mahasiswa FEBI IAIN Madura, dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling.
Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji
validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis
(analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan koefisien determinasi) dengan alat
bantu SPSS 24. Adapun instrumen yang digunakan yakni kuesioner (angket)
melalui google form.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel live
streaming (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)
dengan nilai t-hitung (2,743) > t-tabel (1,985) dan taraf signifikansi sebesar 0,007
< 0,05. Begitupula dengan variabel online customer review (X2) secara parsial
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung (7,035) > t-tabel (1,985) dan dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Adapun secara simultan, variabel live streaming (X1) dan online customer review
(X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan
nilai F-hitung (99,353) > F-tabel (3,09) dan dan taraf signifikansi sebesar 0,000 <
0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 66,5% keputusan
pembelian di e-commerce pada mahasiswa FEBI IAIN Madura dipengaruhi oleh
live streaming dan online customer review, sedangkan sisanya yakni 33,5%
dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini
Tidak tersedia versi lain