Text
Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Hj. Firda di Desa Klompang Barat Kecamatan Pakong
Kata Kunci: harga, kelengkapan produk, kepuasan konsumen.
Toko Hj. Firda merupakan salah satu toko yang melayani grosir dan ritel di
daerah Pakong, tepatnya Desa Klompang Barat. Toko Hj. Firda memberikan
alternatif bagi masyarakat yang konsumtif berbelanja dengan harga yang bersaing
serta kualitas barang pilihan. Toko Hj. Firda menyediakan keberanekaragaman
kebutuhan rumah tangga seperti makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga,
sembako, kebutuhan diri yang berkualitas untuk konsumennya. Selain produk
yang beraneka ragam, toko tersebut juga menerapkan harga yang terjangkau dan
mampu bersaing, dalam artian harga termasuk lebih murah dari toko-toko lain
sejenis. Hal ini dapat menyebabkan Toko Hj. Firda menjadi ramai dikunjungi
konsumen. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala pada aspek kelengkapan
produk. Permasalahan tersebut meliputi apabila produk sudah habis tidak
langsung ada pengganti stok sehingga beberapa konsumen merasa produk yang
dijual tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, penyediaan barang juga
semakin berkurang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap kepuasan
konsumen Toko Hj. Firda di Desa Klompang Barat Kecamatan Pakong secara
parsial dan simultan. Populasi pada penelitian ini seluruh pelanggan yang
berbelanja di Toko Hj. Firda. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 96
responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner yang
disebar. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji parsial
(uji t), dan uji simultan (uji f) yang selanjutnya dianalisis menggunakan aplikasi
SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,031 >
1,986 dan nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Begitu pula dengan kelengkapan
produk, kelengkapan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,062 > 1,986 dengan nilai signifikansi
0,011 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa harga dan
kelengkapan produk secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 3,387 > 3,095 dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05
Tidak tersedia versi lain