Text
Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Batik Al-Barokah di Pakandangan Sumenep
Kata Kunci: Strategi, Digital Marketing
Pada era sekarang, kebanyakan masyarakat memilih belanja online
ketimbang langsung ke tempat apalagi yang jangkauannya jauh dari perusahaan
Batik tersebut, namun Batik Al-Barokah ini menggunakan strategi digital
marketing atau pemasaran digital dalam meningkatkan daya saing dengan
perusahaan lain menggunakan media sosial melalui penggunaan media pemasaran
online, dengan harapan penjualan dan pendapatan dapat meningkat. Namun dalam
pemanfaatan digital marketing memiliki konsekuensi dalam persaingan yang ketat,
muncul sikap waspada terhadap penipuan atau plagiasi, serta ide atau produk di tiru.
Adanya hambatan penggunaan digital marketing dalam mengelola Batik AlBarokah ini dirasa kurang efektif bila diterapkan di desa tanpa adanya pemasaran
secara offline. sehingga fenomena ini menjadi salah satu hambatan usaha Batik AlBarokah dalam melaksanakan pemasaran berbasis digital marketing. Batik AlBarokah terus berupaya untuk melakukan pemasaran secara manual atau langsung
tatap muka. Dari uraian diatas penelitian ini memiliki 2 fokus penelitian; pertama,
bagaimana strategi digital marketing dalam meningkatkan daya saing usaha Batik
Al-Barokah di Pakandangan Sumenep. Kedua, apa hambatan dan solusi usaha Batik
Al-Barokah dalam melaksanakan digital marketing.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif dimana prosedur penelitiannya menghasilkan data deksriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan tujuan
menggambarkan, mengungkapkan dan menjelaskan yang berkaitan dengan
dinamika hubungan antar fenomena yang diamati. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data observasi nonpartisipan yaitu menjadikan peneliti
sebagai penyaksi terhadap gejala atau kejadian yang menjadi topic penelitian.
Dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur agar lebih memudahkan
peneliti mengajukan pertanyaan kepada responden.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa,
pertama; strategi digital marketing dalam meningkatkan daya saing usaha Batik
Al-Barokah ini sangat berpengaruh dalam penggunaan media sosial yaitu seperti
whatsAap, facebook dan Instagram dalam menyebarkan informasi dengan tujuan
riset yang nantinya bisa menciptakan persepsi yang baik dalam meningkatkan
pendistribusian. Akan tetapi konsekuensinya dalam menggunakan digital
marketing diantaranya, meningkatnya persaingan yang ketat, muncul kerentanan
terhadap penipuan atau plagiasi, serta kemungkinan ide atau produk di tiru. Kedua;
adanya hambatan penggunaan digital marketing dalam mengelola Batik AlBarokah ini dirasa kurang efektif bila diterapkan di desa tanpa adanya pemasaran
seacara manual sehingga fenomena ini menjadi salah satu hambatan usaha Batik
Al-Barokah dalam melaksanakan pemasaran berbasis digital marketing. Batik AlBarokah terus berupaya untuk melakukan pemasaran secara manual atau offline
Tidak tersedia versi lain