Text
Strategi Promosi Al-Maxyglow di Ponjanan Barat Kabupaten Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Promosi, Al-Maxyglow, Ekonomi Islam
Promosi merupakan suatu bentuk aktivitas yang didalamnya terjadi proses
kegiatan pemberitahuan suatu produk kepada masyarakat dengan sistem MLM
(Multi Levle Marketing) yang digukan oleh perusahaan Al-Maxyglow dengan
merekrut banyak mitra untuk memperluas jaringan pemasarannya. Salah satunya
terdapat agen untuk memperluas jaringan pemasarannya. Al-Maxyglow
merupakan salah satu perusahaan yang berfokus pada produk kecantikan. Sesuai
dengan akta perusahaan, secara resmi perusahaan Al-maxyglow didirikan pada
tahun 2019. Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
permasalahan ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi pemasaran Al- Maxyglow
di Desa Ponjanan Barat Kabupaten Pamekasan, kedua, bagaimana strategi
pemasaran Al- Maxyglow di Desa Ponjanan Barat Kabupaten Pamekasan dalam
Perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi informan pada penelitian ini adalah agen Al-Maxyglow dan
konsumen di Desa Ponjanan Barat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam pemasaran nya
agen Al-maxyglow menggunakan strategi bauran promosi yaitu Hasil dari
penelitian strategi bauran promosi yang dilakukan oleh Al-Maxyglow utuk
mempromosikan skincare diantaranya: a) Periklanan memanfaaatkan media
online website dan sosial media seperti facebook dan instagram untuk
melakukan kegiatan promosi. b) Promosi penjualan dengan mengadakan
potongan harga, cashback, dan delivery service (free ongkir), c) Hubungan
masyarakat dengan mengadakan diskon besar besaran hingga 30% pada hari
tertentu, misaalkan pada hari launching produk, untuk memperingati hari ulang
tahun produk d) Pemasaran langsung adalah komunikasi yang biasanya
menggunakan telepon, e-mail, internet, surat, facsimile untuk berkomunikasi
secara langsung atau meminta tanggapan serta berdialog dengan konsumen
tertentu dan calon konsumen.produk. Kedua di tinjau dalam Perspektif Ekonomi
Islam pemasaran agen Al- Maxyglow sudah sesuai dengan menerapkan
karakteristik pemasaran Islam yaitu, teitis (rabbaniyah), dengan tidak melakukan
penipuan karena semua perilakunya selalu diawasi oleh Allah SWT. Realistis
Al-Waqiyyah Pemasaran yang profesinal dengan selalu berpenampilan bersih
dan bersahaja saat menemui konsumen. Etis (akhlakiyah) dengan
mengutamakan sopan dan santun serta akhlak yang baik melayani para
konsumen baru dengan yang lama juga tidak melihat dari statusnya selain itu
beliau selalu meringankan konsumen yang ingin membeli produk karena agen
mempunyai prinsip ukhwah insaniyah (persaudaraan antar manusia)
Tidak tersedia versi lain