Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya di Toko Zoya Pamekasan
Kata Kunci : Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian
Zoya merupakan salah satu toko busana muslim yang berdiri sejak tahun 2005,
menawarkan berbagai macam produk perlengkapan muslim seperti gamis, tunik,
pashmina, koko dan lainnya. Lokasi Zoya berdekatan dengan lokasi pesaing Elzatta
yakni berada di Jl.Kabupaten No.44 Sumur Putih, Bugih, Pamekasan. Survei awal
dilakukan terhadap 25 konsumen Zoya untuk mengetahui alasan mereka lebih
memilih produk Zoya dibandingkan produk pesaing Elzatta. Sebanyak 12
konsumen menjawab mereka membeli produk Zoya karena kualitasnya bagus,
Sementara 6 konsumen membeli produk Zoya karena brand Zoya, dan 3 lainnya
mengatakan bahwa membeli dengan alasan promosi serta sisanya membeli produk
Zoya dengan alasan yang lain. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti
apakah kualitas produk dan brand image berpengaruh terhadap keputusan
pembelian produk Zoya di toko Zoya Pamekasan baik secara simultan maupun
parsial.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen Zoya di toko Zoya Pamekasan sedangkan
sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling dengan karakteristik pernah melakukan pembelian produk
Zoya di toko Zoya Pamekasan minimal 1 kali. Instrument penelitian menggunakan
kuesioner tertutup dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan SPSS versi 24.
Berdasarkan hasil uji t pada variabel kualitas produk (X1) nilai thitung > ttabel
yakni 2,103 > 1,98552 sedangkan untuk nilai sig sebesar 0,038 < 0,05 yang berarti
kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
produk Zoya. Untuk variabel brand image (X2) pada hasil uji t diperoleh nilai thitung
> ttabel yaitu 4,226 > 1,98552 sedangkan untuk nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 artinya
brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Zoya.
Sedangkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel ( 21,393 > 3,093 ) dan nilai sig
0,000 < 0,05 artinya kualitas produk (X1) dan brand image (X2) berpengaruh secara
simultan terhadap keputusan pembelian produk Zoya. Berdasarkan koefisien
determinasi menunjukkan R square sebessar 31,5% yang berarti kualitas produk
dan brand image berpengaruh sebesar 31,5% terhadap keputusan pembelian produk
Zoya dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini misalnya
harga, promosi, kualitas pelayanan dan sebagainya
Tidak tersedia versi lain