Text
Pengaruh Labelisasi Halal Dan Citra merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mixue Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Labelisasi Halal, Citra Merek, Keputusan Pembelian.
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat
pesat pada saat ini, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan
meningkatkan daya beli masyarakat. Manusia sebagai makhluk ekonomi, pasti
terlibat dalam produksi, distribusi, dan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginannya. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh berbagai faktor salah
satunya seperti labelisasi halal dan citra merek. Perusahaan mixue belum memiliki
sertifikat halal, namun pihak perusahaannya telah mengurusnya dan prosesnya
sangat lama. Yang pada akhirnya di tahun awal 2023 telah mendapatkan sertifikat
halal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lebelisasi halal dan
citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk mixue cabang Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian kuantitaif asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan
seluruh konsumen mixue cabang Pamekasan. Untuk penentuan sampel peneliti
menggunakan rumus lemeshow sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 100
konsumen. Kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial diperoleh nilai thitung > ttabel =
0,832 > 1,661 yang berarti labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian pada produk mixue cabang Pamekasan. Variabel
citra merek diperoleh nilai thitung > ttabel = 5,798 > 1,661 yang berarti citra merek
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada produk mixue cabang
Pamekasan. Sedangkan berdasarkan uji simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel =
198,546 > 3,09 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara
variabel labelisasi halal dan citra merek gterhadap keputusan pembelian pada
produk mixue cabang Pamekasan
Tidak tersedia versi lain