Text
Strategi Pengenbangan Produk Cemilan Khas Madura Berbasis Ekonomi Kreatif Di Toko Cemilan Nyaman Madura
Kata kunci : Strategi pengembangan, produk, Ekonomi Kreatif
Strategi pengembangan produk merupakan perumusan dan implementasi
keputusan-keputusan strategis yang di tetapkan dengan tujuan pengembangan
usaha yang lebih efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini yang pertama, yaitu untuk mengetahui strategi pengembangn produk
cemilan khas Madura berbasis ekonomi kreatif di toko Cemilan Nyaman Madura.
Kedua, untuk mengetahui Kendala Strategi Pengembangan Produk Cemilan Khas
Madura Berbasis Ekonomi Kreatif Di Toko Cemilan Nyaman Madura.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi dan dokumentasi, Informannya adalah manager, karyawan dan
pelanggan toko Camilan Nyaman Madura. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi
sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam Strategi
Pengembangan Produk Berbasis Ekonomi Kreatif Di Toko Camilan Nyaman
Madura dalam strategi pengembangan produknya yaitu dengan melakukan
modifikasi pada produk yang sudah ada dengan menambahkan varianrasa pada
produk, hal tersebut sudah sesuai dengan teori yang ada. Kedua, kendala yang
dihadapi dalam melakukan strategi pengembangan produk, kendala yang dialamai
antara lain masih menggunakan sebagian kemasan produknya dengan bahan dasar
plastik yang tidak dapat di daur ulang dan alat yang digunakan dalam
memproduksi masi menggunakan alat-alat manual tidak menggunakan mesin
Tidak tersedia versi lain