Text
Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Skincare Wardah di Pamekasan
Kata Kunci : Label Halal, Harga, Keputusan Pembelian
Wardah adalah perusahaan kosmetik yang ada di Indonesia dan menjadi pelopor
kosmetik halal di Indonesia dan di mancanegara. Wardah dalam menciptakan produk
kecantikan bersetifikat halal, membagikan pemahaman baru bahwa cara hidup halal dan
produk kecantikan mampu berpadu secara elegan. Ada berbagai macam jenis produk
kosmetik salah satunya skincare, dimana produk yang berupa skincare ini dibutuhkan untuk
merawat ataupun mempercantik kulit seseorang. Skincare tidak hanya diperuntukkan oleh
perempuan saja tetapi bisa juga oleh laki-laki karena cara kerja skincare berbeda dengan
kosmetik. Dimana kosmetik hanya digunakan pada bagian luar tubuh manusia sedangkan
skincare digunakan untuk perawatan kulit. Produk kecantikan halal biasanya ditandai oleh
label halal yang tertera pada kemasan yang menjadi pertanda bahwa kehalalan produk
tersebut telah sesuai dengan ketentuan islam. Harga juga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian karena dengan harga yang sudah ditetapkan dipasaran akan menjadi tolak ukur
dalam permintaan suatu produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kausal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli dan memakai produk
skincare wardah di Pamekasan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus
Lemeshow sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) label halal berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,218 lebih besar dari ttabel (3,218
> 1,984), dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 ; (2) harga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 8,948 lebih besar dari ttabel (8,948 >
1,984), degan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) label halal dan harga secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian nilai fhitung sebesar 176,585 lebih besar dari ftabel
(202,093 > 3,09), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, pada penelitian ini
membuktikan bahwa dengan adanya label halal dan harga baik secara parsial dan simultan
berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen pada produk skincare wardah di
Pamekasan
Tidak tersedia versi lain