Text
Strategi Inovasi Produk Batik dalam Menghadapi Persaingan Pasar Fashion (Studi Kasus Batik Al Barokah Pekandangan Bluto Sumenep)
Kata Kunci : Inovasi Produk, Batik, Pasar Fashion.
Batik selain sebagai salah satu warisan budaya juga menjadi salah satu
sumber dari terbukanya UKM di kalangan masyarakat, khususnya di Pekandangan
Bluto, Sumenep. Menggabungkan unsur budaya dalam batik dengan unsur modern
dalam dunia fashion menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha batik. Oleh karena
itu, Batik Al-Barokah sebagai salah satu pengusaha batik di Pekandangan Bluto
Sumenep memiliki strategi tersendiri dalam berinovasi untuk bersaing dalam pasar
fashion saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini fokus terhadap tiga
permasalahan, yaitu: pertama bagaimana strategi inovasi produk batik yang
diterapkan, kedua bagaimana implementasi dari strategi tersebut, ketiga apa saja
kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi inovasi produk Batik Al-Barokah
dalam menghadapi persaingan pasar fashion.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik perusahaan, pekerja batik, dan
konsumen batik. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data
kemudian menganalisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama ada beberapa strategi
inovasi yang dilakukan produsen batik Al-Barokah Pekandangan Bluto Sumenep
dalam menghadapi persaingan pasar fashion, diantaranya mengembangkan kualitas
produk yang dicapai dengan melakukan penelitian pasar untuk mengindetifikasi tren
terkini dalam fashion. Selain itu Usaha Batik Al-Barokah melakukan Strategi inovatif
dalam pemasaran supaya bisa bersaing dengan kompetitor sehingga melakukan
berbagai cara diantaranya adalah menjalankan promosi yang kreatif, menempatkan.
Kedua Implementasi strategi inovasi batik Al-Barokah Pekandangan Bluto Sumenep
dilakukan dalam beberapa cara diantaranya mengembangkan atribut produk dengan
cara adaptasi, modifikasi, substitusi, kombinasi, memproduksi barang dengan bahan
yang berkualitas dan mengembangkan inovasi produk dengan mengembangkan
berbagai model menyesuaikan dengan minat konsumen seperti membuat model batik
Jas, Semi Jas, Hem, dan juga koko batik, dan juga membuat dres, tunik untuk
konsumen perempuan dan hal ini dikeluarkan dengan berbagai ukuran baik S, M, L,
XL, XXL. Ketiga Kendala yang dihadapi produk batik Al Barokah dari segi
pemasaran, sebab masyarakat kebanyakan tidak paham atau mengetahui mengenai
identitas dari batik ini, kesulitan mendapat bahan baku, kesulitan mendapatkan
karyawan yang terampil membatik.
Tidak tersedia versi lain