Text
Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Pengunjung Objek Wisata Spot Pancing Pantai Matahari Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep
Kata kunci: Media Sosial, Promosi, Pengunjung
Saat ini dengan kemajuan teknologi yang terjadi membuat kegiatan bisnis
semakin mudah, seperti dalam melakukan promosi. Promosi merupakan salah satu
cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan jumlah penjualan,
Sama halnya dalam dunia pariwisata yang juga memerlukan promosi untuk
meningkatkan jumlah pengunjung yang datang, promosi pada saat ini bisa
dilakukan dengan menggunakan berbagai cara salah satunya yaitu dengan
menggunakan media sosial sebagai media untuk melakukan promosi. Promosi
dengan menggunakan media sosial lebih banyak memberikan kemudahan dan
juga keunggulana dalam menarik perhatikan masyarakat yang menjadi target
pasar. Wisata Spot Pancing Pantai Matahari dalam melakukan promosi juga turut
menggunakan media sosial, media sosial yang digunakan agar menarik
pengunjung adalan Instagram. Keberhasilan sebuah perusahaan tergantung pada
promosi yang di lakukan, jika promosi dilakukan dengan baik pastinya dapat
meningkatkan jumlah penjualan. Maka peranan kegiatan promosi ini sangat
penting bagi perusahaan maupun bagi objek wisata.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat dua pembahasan yang menjadi
fokus pada penelitian kali ini yaitu: pertama, Bagaimana pemanfaatan media
sosial sebagai promosi dalam upaya meningkatkan pengunjung objek wisata Spot
Pancing Pantai Matahari, kedua Bagaimana dampak dari pemanfaatan media
sosial sebagai promosi pada objek wisata Spot Pancing Pantai Matahari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah
kepala desa, sekretaris desa, pengelola objek wisata dan pengunjung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Pemanfaatan media
sosial sebagai promosi dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung, diman
wisata Spot Pancing Pantai Matahari menggunakan media sosial Instagram
sebagai promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan
di media sosial tersebut, promosi dengan menggunakan media sosial sebagai
Instagram lebih mudah, lebih menghemat biaya yang dikeluarkan, dan lebih
memperluas jangkaun pasarnya. Banyak pengunjung yang datang berkunjung ke
wisata Spot Pancing Pantai Matahari karena promosi yang dilakukan dengan
menggunakan media sosial Instagram, kedua, Dampak pemanfaatan media sosial
Instagram sebagai promosi yang dirasakan oleh wisata Spot Pancing Pantai
Matahari adalah bertammbahnya pengunjung yang datang berkunjung, dan adanya
donasi yang diberikan untuk wisata Spot Pancing Pantai Matahari. Sedangkan
untuk dampak negatifnya yaitu adanya kompalin dari pengunjung karena merasa
tidak puas
Tidak tersedia versi lain